Disebut Plagiat, Facebook Tetap Rilis Reels

0
272
Facebook Reels
Copyright ©TechCrunch

Facebook Tetap Rilis Reels di Instagram

Oketekno – Dalam beberapa waktu terakhir ini banyak diperbincangkan soal layanan baru milik Facebook yang dianggap serupa dengan platform Tik Tok, bahkan perusahaan asal China tersebut telah menuduh kalau raksasa sosmed ini telah melakukan plagiasi terhadap layanannya yang tengah booming di berbagai belahan dunia tersebut.

Akan tetapi meski demikian tidak membuat gentar induk perusahaan WhatsApp ini untuk meluncurkan layanan terbarunya bernama Reels tersebut. Sekarang sudah tersedia di Amerika Serikat dan lebih dari 50 negara lainnya.

Baca Juga: Redmi 9 Prime Dirilis dengan Baterai Jumbo, Segini Harganya!

Ini bukanlah sebuah aplikasi mandiri, melainkan tergabung dalam sebuah fitur yang ada di layanan sosial media miliknya, Instagram. Dan semenjak resmi dirilis, beberapa selebritas telah menggunakannya untuk menunjukkan hebatnya dari fitur tersebut.

Reels Instagram
Copyright ©Kompas

Salah satu sosok ternama yang telah menggunakannya langsung yakni Jessica Alba dimana aktris Hollywood ini telah mempromosikan masker Honest Company miliknya, melalui fitur baru Reels tersebut. Kemudian ada juga komedian Mindy Kaling yang telah memperlihatkan rutinitas latihan karantina yang sengaja mengecewakan.

Baca Juga: Nokia C3 Resmi Dirilis Harga Mulai Rp 1 Jutaan

Kehadiran fitur Reels oleh Facebook ini telah dilakukan segera, ketika mendengar perusahaan Microsoft sudah menjalin kesepakatan dengan induk perusahaan TikTok. Dimana itu berdasarkan kesepakatan bersama pemerintah AS, yang mana layanan itu dibeli oleh perusahaan lokal atau diblokir dari Negaranya.

Bukan masalah persaingan atau keuntungan, melainkan pemerintah AS berdalih hal demikian bertujuan untuk mencegah terjadinya permasalahan data yang bisa diumbar kapan saja oleh pemerintah China. Popularitas Tik Tok yang sudah luar biasa itu tidak menutup kemungkinan terancam dengan kehadiran Reels sebagai pesaing.

Dikarenakan perusahaan Facebook sendiri juga memiliki salah satu keahlian untuk menggaet kalangan anak muda di berbagai Negara, termasuk AS untuk menggunakan layanannya. Dan dalam dua tahun terakhir ini sudah banyak kalangan muda AS yang memanfaatkan TikTok sebagai hiburannya, terlebih selama pandemi kali ini.

baca juga: Smartphone Paling Ringan di Dunia Rilis di Indonesia, Harganya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.