Nearby Share Dirilis, Apple AirDrop Untuk HP Android

0
300
Copyright ©9to5Google

Berbagi File dengan Mudah Tanpa Internet

Oketekno – Setelah dilakukan uji coba beberapa waktu lalu, kini Google telah resmi meluncurkan fitur terbarunya bernama Nearby Share. Fitur berbagi file ini sekarang sudah bisa dinikmati oleh para pengguna HP Android.

Perlu diketahui bahwa fitur ini bukanlah sesuatu yang baru, dikarenakan perusahaan Apple sudah menerapkannya lebih awal dengan menggunakan nama AirDrop. Dimana dulunya dinamakan “Fast Share”, yang mana kemampuan ini bisa digunakan untuk berbagi konten seperti musik, video, sampai foto antara satu ponsel ke yang lainnya secara nirkabel.

Baca Juga: Smartphone Paling Ringan di Dunia Rilis di Indonesia, Harganya?

Google telah menawarkan fitur Nearby Sharing ini terhadap para pengguna yang sudah menjalankan sistem operasi Android Marshmallow atau lebih baru lagi, secara bertahap. Akan tetapi perangkat Pixel dan HP Samsung akan mendapatkan gelombang pertama yang bakal kebagian fitur tersebut, dikarenakan ini merupakan hasil kerjasama antar kedua perusahaan.

Nearby Sharing
Copyright ©Google

Untuk fitur ini nantinya akan berperan sebagai salah satu fungsi default yang dihadirkan pada HP Android. Jadi bukan sebagai aplikasi, melainkan pengguna bisa mengaksesnya langsung layaknya mengaktifkan koneksi WiFi, Bluetooth, atau beberapa fungsi lainnya.

Baca Juga: Nokia C3 Resmi Dirilis Harga Mulai Rp 1 Jutaan

Dan melalui menu Share ini nanti pengguna bisa memilih berbagai macam file dokumen, foto, ataupun video yang ingin dibagikan. Setelah itu, barulah perangkat akan mencari perangkat yang ada di sekitarnya dan mengaktifkan Nearby Sharing juga.

Nantinya pengguna bisa memilih perangkat tujuan, dan proses pengiriman file akan dilakukan. Dan untuk memaksimalkan proses kecepatan transfer, sistem akan mendeteksi secara otomatis koneksi manakah yang paling maksimal untuk melakukan pengiriman, apakah Bluetooth, peer-to-peer WiFi, atau mungkin WebRTC.

Penting untuk diketahui bahwa pengguna HP Android tidak membutuhkan kuota internet untuk melakukan pengiriman file ini. Asalkan pengguna masih dalam jangkauan, maka perangkat akan melakukannya secara peer-to-peer.

baca juga: Redmi 9 Prime Dirilis dengan Baterai Jumbo, Segini Harganya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.