Cara Periksa Pesan Hoax di WhatsApp dengan Fitur Baru

0
299
WhatsApp
Copyright ©SlashGear

Trik Periksa Pesan Hoax di WhatsApp dengan Search Web

Oketekno – Untuk sekarang ini tantangan terbesar dari sederet platform sosial media dan layanan internet lainnya yakni berkaitan dengan penyebaran berita hoax. Ada banyak sekali berita tidak benar dan meresahkan masyarakat luas. Tidak terkecuali di WhatsApp, yang mana memiliki jumlah pengguna terbanyak dari kelas instant message.

Berbagai macam upaya telah diterapkan oleh Facebook selaku induk perusahaan. Dimana kemarin sudah membatasi penerusan pesan yang cuman bisa dilakukan sekali saja, dan kali ini ada fitur pencarian fakta dari pesan yang beredar luas tersebut. Sehingga pengguna bisa lebih bijak lagi dalam menggunakannya.

Baca Juga: Smartphone Paling Ringan di Dunia Rilis di Indonesia, Harganya?

Akan tetapi kesadaran pengguna akan mencari informasi yang benar dari berita diterima tersebut juga harus tinggi. Karena kalau tetap ceroboh seperti biasanya, tentu fitur baru ini tidak akan berguna dan sia-sia saja kehadirannya. Belum tau cara menggunakannya? Bisa simak pembahasan dan langkah-langkahnya berikut.

WhatsApp Search The Web
Copyright ©TheHindu

Fitur tersebut bernama Search the Web, dimana fitur ini cara kerjanya yakni mengunggah pesan dengan mudah ke mesin pencari google melalui aplikasi browser yang terpasang di perangkat. Fitur ini akan berbentuk kaca pembesar dan tersematkan di sebelah kanan pesan yang telah diteruskan tadi.

Baca Juga: Nokia C3 Resmi Dirilis Harga Mulai Rp 1 Jutaan

Langkah-langkah memeriksa pesan Hoax yang tersebar di WhatsApp, diantaranya yakni:

  • Ketika menerima pesan yang diteruskan, kalian bisa tap ikon kaca pembesar di sebelah kanan pesan tersebut
  • Kemudian nantinya akan muncul pesan pop-up yang bertuliskan “Apakah anda ingin mencari pesan ini di web? Pesan ini akan diunggah ke Google”, dan kalian bisa klik “Cari di WEB” untuk melanjutkannya
  • Setelah itu, kalian akan diarahkan ke aplikasi browser yang dipilih untuk menampilkan hasil pencarian berdasarkan pesan tersebut
  • Baca dengan teliti dari berbagai platform website yang ada di mesin pencari tersebut untuk mengetahui fakta atau hoax

Akan tetapi untuk sekarang ini fitur tersebut masih belum ada di Indonesia, pengguna WhatsApp di AS, Brasil, Inggris, Italia, Irlandia, Meksiko dan Spanyol yang sudah berkesempatan lebih awal dalam mendapati fitur tersebut, karena memang tingkat penyebaran hoax di Negara tersebut sudah cukup parah.

baca juga: Redmi 9 Prime Dirilis dengan Baterai Jumbo, Segini Harganya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.