Sederet Bahaya Pakai Aplikasi WhatsApp Hasil Modifikasi

0
348
WhatsApp MOD
Copyright ©UmpNUAC

WhatsApp Modifikasi Bisa Hancurkan Data Privasi Pengguna

Oketekno – Sudah beberapa kali ditegaskan oleh pihak developer dimana agar menggunakan aplikasi WhatsApp versi aslinya saja. Dikarenakan ketika menggunakan layanan pihak ketiga, dikhawatirkan akun pengguna tidak lagi aman, sehingga kalau terjadi peretasan maka pihaknya lagi yang disalahkan.

Memang sih dari segi kelengkapan fitur lebih banyak dan menarik, akan tetapi itu tidak sebanding dengan resiko yang dihadapi pengguna, yakni jauh lebih besar. Walaupun sejatinya bisa didapatkan dari Google Play Store sekalipun, tetap saja ada beberapa praktik jahat yang dilakukan oleh pembuat aplikasi modifikasi tersebut, apalagi kalau dari situs luar.

Baca Juga: Janji Samsung Terhadap Para Pengguna HP Android Besutannya

Ketika menggunakan aplikasi WhatsApp tidak resmi alias versi modifikasi ini, maka ada beberapa resiko yang akan dihadapi, diantaranya yakni seperti:

  1. Pengambil Alihan Akun Lebih Mudah

WhatsApp Hack
Copyright ©Tenorshare

Ketika kalian login ke dalam akun dan perangkat sendiri, maka akan muncul sistem autentikasi dua faktor ataupun konfirmasi login dari suatu perangkat. Sehingga, kalau memang ada pengguna lain yang mencoba masuk menggunakan nomor kalian, akan muncul notifikasi dan konfirmasi terkait kode login untuk masuk.

Akan tetapi kalau menggunakan versi modifikasi ada yang tidak menggunakan kode autentikasi seperti itu, dimana bisa saja menginzinkan siapapun untuk masuk menggunakan nomor kalian. Tidak menutup kemungkinan penyalahgunaan, yang bisa membahayakan diri kalian sendiri.

Baca Juga: Cara Hitung MMR di Mobile Legends, Menuju Top Global Hero Andalan

  1. Suntikan Malware

Google Play Store Malware
Copyright ©forbes

Mungkin kalau yang dari Google Play Store ini sudah cukup bersih, dikarenakan telah melewati beberapa kali penyaringan malware terlebih dahulu sebelum terpasang di Smartphone pengguna. Akan tetapi kebanyakan versi modifikasi ini didapatkan dari situs luar.

Dan jelas saja malware bisa disuntikkan dengan mudah ke HP Android pengguna, dimana ini berpotensi bahkan bisa mengambil alih akun kalian, hingga mencuri informasi intim yang ada di ponsel seperti nomor rekening, dan sederet password yang tersimpan dalam sistem.

Baca Juga: Varian Baru Xiaomi Mi 10 Rilis Minggu Depan?

  1. Iklan yang Mengganggu

Copyright ©YouTube

Kalau cuman satu atau dua iklan saja tidak masalah di aplikasi WhatsApp modifikasi, akan tetapi ada juga beberapa yang menayangkan iklan sangat banyak. Bahkan pengguna dibuat tidak nyaman dalam menggunakan aplikasi tersebut, karena kesana kesini ketutup iklan.

  1. Diblokir WhatsApp

Terakhir yakni berdasarkan konfirmasi perusahaan, pihaknya tidak akan lagi menerima pengguna yang menggunakan versi modifikasi. Dan memberikan ancaman kalau memang pengguna tetap memakai versi modifikasi, maka akun miliknya akan diblokir. Dengan demikian, pengguna harus mendaftar ulang untuk mendapatkan akunnya lagi melalui aplikasi resmi.

Kurang lebih itulah sederet bahaya menggunakan aplikasi WhatsApp yang penting untuk diketahui dan diwaspadai, karena ini semua berkaitan dengan data privasi setiap pengguna.

baca juga: Pesaing Netflix Siap Hadir di Indonesia Bulan Depan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.