Ribuan Channel dari Negara Ini Dihapus YouTube, Nggak Ada yang Beres Kontennya

0
351
YouTube
Copyright ©YouTube

Channel YouTube dari China Banyak yang Dihapus

Oketekno – Untuk sekarang ini perusahaan Google lebih ketat lagi dalam mengawasi platform miliknya, dikarenakan bertujuan agar platform besutannya tidak dibuat hal-hal aneh dan meresahkan masyarakat. Apalagi platform streaming YouTube yang sudah memakan banyak sekali korban karena penyebaran informasi yang tidak tepat.

Diketahui bahwa raksasa internet tersebut telah menghapus lebih dari 2.500 channel terkait Tiongkok, dimana ini merupakan salah satu bagian usaha dalam membersihkan konten yang tidak tepat dari platform besutannya.

Baca Juga: Pesaing Netflix Siap Hadir di Indonesia Bulan Depan

“Ribuan saluran YouTube ini dihapus antara April dan Juni sebagai bagian dari investigasi berjalan tentang operasi pengaruh terkoordinasi Tiongkok,” seperti itulah keterangan dari Google sebagaimana dilansir dari The Guardian.

Logo YouTube
Copyright ©Android Police

Bukan cuman itu saja, melainkan perusahaan Google juga telah menerangkan bahwa saluran yang telah dihapus ini pada umumnya telah mengunggah konten spam dan juga nonpolitis. Akan tetapi ada juga beberapa channel YouTube yang memberikan siaran terkait politik juga.

Baca Juga: Varian Baru Xiaomi Mi 10 Rilis Minggu Depan?

Perusahaan asal Amerika Serikat ini tidak melakukan identifikasi secara spesifik tentang saluran-saluran yang dihapus tersebut. Akan tetapi perusahaan telah menghubungkan video yang memiliki aktivitas mirip sebagaimana telah ditemukan pada platform Twitter.

Untuk saluran yang dihapus ini juga ada kaitannya dengan kampanye disinformasi yang telah diidentifikasi pada bulan April 2020 kemarin oleh perusahaan analitik media sosial bernama Graphika. Dimana laporan ini telah muncul bersamaan dengan ketegangan antara pihak AS dengan Tiongkok terkait teknologi dan juga sosial media jelang pemilu AS.

Tidak hanya platform YouTube saja, melainkan pemerintah AS juga telah memberlakukan pelarangan terhadap sederet aplikasi yang berasal dari China juga. Bahkan TikTok yang ternama di Dunia harus direlakan untuk dibeli oleh Microsoft atau perusahaan asal AS lainnya demi agar bisa terus beredar di pasar global.

baca juga: Cara Hitung MMR di Mobile Legends, Menuju Top Global Hero Andalan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.