Huawei Mate 40 Jadi Generasi Terakhir Pakai Kirin?

0
290
Huawei Mate 40 Pro
Copyright ©Forbes

Mitra Dilarang Supply Chipset ke Huawei Lagi

Oketekno – Chipset Kirin merupakan buatan Huawei sendiri yang merupakan salah satu upaya sang vendor untuk meminimalisir biaya produksi ponsel. Dan chip ini selalu hadir di Smartphone dalam ekosistemnya, tidak terkecuali Huawei Mate 40 yang kabarnya akan rilis pada bulan Oktober 2020 mendatang.

Banyak bocoran informasi berkaitan dengan ponsel premium yang bakal jadi pesaing Samsung Galaxy Note 20 series ini. Diantaranya yakni penggunaan kamera 108MP, dengan sederet fitur canggih untuk hasilkan jepretan memuaskan terhadap penggunanya. Meski sebenarnya masih belum ada dukungan Google Mobile Services lagi.

Baca Juga: Pemain Akhirnya Bisa Naik Mobil Sambil Perang di Update Fortnite Terbaru

Disamping itu, ada informasi dari President of the Huawei Consumer Business Group bernama Richard Yu langsung. Dijelaskan kalau Huawei Mate 40 ini nantinya akan jadi ponsel generasi terakhir yang menggunakan chipset HiSilicon Kirin.

TSMC Huawei
Copyright ©Medcom

“Dari 15 September ke depan, prosesor Kirin kami tidak bisa diproduksi. Chip Ai kami juga tidak bisa diproses. Ini merupakan kerugian besar bagi kami,” begitulah keterangan dari Yu. Dimana ini terjadi karena pembuat chip dilarang menggunakan teknologi AS dalam membuat chip untuk perusahaan Huawei, sehingga TSMC tidak lagi bisa mengerjakan pesanan chip pesanan Huawei.

Baca Juga: Mode Baru Mobile Legends yang Tak Pernah Rilis di Original Server

Dan Huawei Mate 40 series termasuk perangkat high-end, sehingga TSMC menjadi andalan banget dalam memproduksi chip kelas atas HiSilicon. Terlebih dengan dukungan teknologi jaringan 5G di dalamnya, chip AI, dan juga chip Server.

Memang sih masih ada SMIC yang berbasis di China, dimana dapat membuat chipset juga. Akan tetapi tidak bisa secanggih TSMC ataupun Samsung dalam proses pembuatannya, sehingga performa dan kualitas dikhawatirkan tidak dapat maksimal dan malah membuat pengguna kecewa.

Untuk melakukan produksi Huawei Mate 40, sang vendor sudah membeli dan menyimpan stok sehingga masih aman dalam beberapa waktu kedepan. Akan tetapi tidak diketahui bagaimana nasib kelanjutannya. Meski beberapa pihak sudah berusaha mendapatkan izin dari AS untuk tetap menyuplai Huawei dalam produksi chipset.

baca juga: Gameplay Dirt 5 Muncul di Trailer Baru, Sajikan Mode dan Track Lebih Mantap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.