Jika WeChat Tidak Dijual, Jutaan Pengguna di AS Bakal Terancam Putus

0
326
WeChat
Copyright ©detikINET

Jual WeChat-nya Atau Bakal Diblokir AS

Oketekno – Masih belum mereda juga dimana perselisihan antara pihak Amerika dengan China terus berkelanjutan dan semakin memanas juga. Kini untuk rencana larangan yang bakal dilancarkan oleh Presiden AS Donald Trump, bakal menjadikan WeChat sebagai target berikutnya.

Dan tentu saja ini tidak akan mengancam bisnis China saja, melainkan juga termasuk sebagian besar warganya yang menggunakan platform pesan instant pesaing WhatsApp tersebut. Dikarenakan, ketika platform ini diblokir maka sudah tidak bisa lagi mereka menggunakannya untuk berkomunikasi dengan mitra bisnis, sahabat, atau bahkan keluarga yang ada di China.

Baca Juga: Pemain Akhirnya Bisa Naik Mobil Sambil Perang di Update Fortnite Terbaru

Sebagaimana perintah Trump melalui eksekutifnya, hendak melarang WeChat selama 45 hari, kecuali kalau perusahaan di China menjual platform tersebut. Dimana kejadian tersebut serupa dengan TikTok, yang kini sudah menjadi incaran Microsoft untuk melakukan pembelian. Sdangkan untuk nasib platform perpesanan itu sendiri masih belum jelas.

Copyright ©medium

Perlu diketahui bahwa WeChat ini sendiri merupakan milik perusahaan teknologi Tencent, dan populer sekali di kalangan pelajar China, ekspatriat, hingga beberapa orang AS yang memiliki hubungan personal atau bisnis dengan kalangan di China.

Baca Juga: Ribuan Channel dari Negara Ini Dihapus YouTube, Nggak Ada yang Beres Kontennya

Hanya aplikasi inilah yang bisa menghubungkan komunikasi mereka dengan mudah, karena platform lain seperti Facebook Messenger, WhatsApp, hingga Telegram telah diblokir oleh pemerintah China. Dan kalau sampai diblokir, tentu mereka tidak bisa lagi mendapatkan akses komunikasi dengan mudah dan cepat.

Dan melansir dari firma Analitik Apptopia, diketahui ancaman pemblokiran ini bakal mempengaruhi sebanyak 6 juta orang China yang tinggal di Amerika Serikat. Selama tiga bulan terakhir ini, platform tersebut berhasil mendapatkan pengguna aktif rata-rata 19 juta.

Beberapa kalangan sudah mulai memikirkan rencana cadangan untuk tetap menjalin komunikasi, ketika WeChat ini nanti resmi diblokir. Diantaranya yakni sebagai alternatif menggunakan Skype dan LinkedIn Microsoft Corp yang masih bisa diakses di China.

baca juga: Beberapa Bocoran Baru Untuk Game Petualangan Crash Bandicoot 4: It’s About Time

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.