Sering Diabaikan, Ini Bahaya Matikan Komputer atau Laptop Langsung dari Power

0
449
MacBook Apple
Copyright ©Laptop Mag

OS Bisa Error Hingga Merusak Hardisk

Oketekno – Tombol power menjadi fungsi yang paling intim daripada perangkat elektronik, termasuk seperti Komputer atau Laptop yang digunakan untuk melakukan beberapa aktivitas tertentu dalam kehidupan pengguna. Akan tetapi, pengguna sering kali lalai dalam menekan tombol power berikut.

Beberapa pengguna memilih untuk mematikan perangkat langsung dari tombol berikut, karena dinilai lebih instant daripada harus menunggu proses shutdown terlebih dahulu. Namun ini bahaya sekali, dikarenakan ketika aliran listrik langsung diputus, sistem operasi bisa bermasalah, perangkat keras pun juga sama, terlebih bagian Hardisk.

Baca Juga: Mantap Parah, Penampilan PS5 Batman Edition

Perputaran hardisk sangatlah cepat, dimana rata-rata untuk perangkat Laptop dan Komputer yakni 5400 rpm alias 5400 kali putaran dalam semenit. Dan kalau kalian langsung memutus aliran listrik, jelas HDD akan langsung berhenti mendadak, dan ini rawan retak atau bahkan bisa pecah.

Tombol Power Laptop
Copyright ©Istimewa

Akan tetapi permasalahan yang lebih sering terjadi pada Komputer atau Laptop yakni terjadinya kerusakan pada file OS Windows, dimana anda harus melakukan restore ketika menghidupkannya kembali, dan itu membutuhkan waktu yang cukup lama.

Namun di perangkat Laptop sekarang ini sudah ada teknologi yang mengantisipasi kejadian seperti itu, dimana ketika tombol power ditekan, maka tidak akan langsung memutus seluruh aliran listrik ke komponen di dalamnya, melainkan mengirimkan sinyal untuk melakukan shutdown.

Baca Juga: Jika WeChat Tidak Dijual, Jutaan Pengguna di AS Bakal Terancam Putus

Dikarenakan ada beberapa model laptop yang sudah menggunakan keyboard menyertakan tombol power di dalamnya, persis di sebelah tombol delete, dan ini bisa dikatakan lebih beresiko sih sebenarnya. Tapi kalau pengguna sudah terbiasa dengan hal tersebut, maka tidak akan salah pencet lagi.

Selain itu, pengguna bisa melakukan pengaturan apa yang dilakukan oleh Laptop ketika tombol power ditekan. Mulai dari sleep, hibernate, atau mungkin shutdown (tidak disarankan). Pengguna bisa mengaturnya dengan cara masuk Control Panel>> Hardware and Sound>> Power Options>> Choose what the power buttons do.

Ada beberapa kondisi darurat yang memaksa kalian harus mematikan langsung dari tombol power ini, diantaranya yakni seperti terjadi hang atau error sehingga Laptop/ Komputer tidak lagi bisa digunakan secara normal. Caranya yakni dengan tekan dan tahan tombol hingga seluruh LED indikator mati semuanya.

baca juga: Perbedaan Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra yang Lumayan Banyak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.