Google Rilis People Cards, Fungsinya?

0
315
aplikasi google
Copyright©AyoBandung

People Cards Sebagai Identitas Virtual

Oketekno – Belum lama ini perusahaan Google telah meluncurkan People Cards, dimana ini merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna internet memiliki identitas diri komplit di mesin pencarian. Dan fitur ini masih rilis di India saja, belum ada rencana dari perusahaan untuk menghadirkannya di Negara lain.

Sebenarnya untuk fitur ini sendiri sudah dilakukan uji coba selama beberapa tahun belakang, dimana ini menawarkan pengalaman terhadap pengguna untuk bisa menjelajah ke website atau di dunia maya dengan menggunakan identitas diri yang lengkap. Jadi bisa dikatakan, ini merupakan kartu kunjungan virtual yang bisa digunakan saat di mesin pencari terbesar tersebut.

Baca Juga: Samsung Galaxy M51 Muncul di Situs Resmi Perjelas Kehadirannya

Fitur ini sendiri telah memanfaatkan Google’s Knowledge Graph (Grafik Pengetahuan Google), untuk menampilkan informasi yang telah disediakan oleh pengguna. Khususnya untuk memberikan nomor ponsel dan perlu menggunakan akun Google miliknya untuk membuat People Card tersebut.

People Cards
Copyright ©Google

Berdasarkan keterangan dari Lauren Clark selaku Manajer Produk Google Search, disebutkan kalau sementara waktu ini fitur People Cards cuman ditawarkan untuk pengguna di India. Masih belum ada rencana untuk menghadirkannya di Negara lainnya, dan masih sebatas dalam bahasa Inggris juga. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan akan ada bahasa lain yang turut ditambahkan.

Baca Juga: Dynasty Warriors: Domination Manjakan Pecinta Game Petualangan di HP

Fungsi dari People Cards ini sendiri yakni memungkinkan individu memiliki profil publik lebih lengkap dan detail di mesin pencari, yang akan ditampilkan di atas seluruh hasil pencarian nantinya. Google mengklaim kalau tujuan ditawarkannya fitur ini adalah mencegah adanya penyalahgunaan, peniruan identitas, hingga konten kualitas rendah.

Jadi setiap akun Google hanya diperbolehkan memiliki satu kartu saja, sehingga kalau terjadi tindak mencurigakan, raksasa mesin pencari tersebut bisa melacak dengan mudah pengguna yang melakukannya. Ini sesuai dengan peningkatan atau maraknya tindak kriminal di berbagai wilayah.

Dengan dihadirkannya People Cards berikut, diharapkan untuk penyalahgunaan akun di Google Search ataupun layanan lainnya, bisa lebih terkendali lagi dan tidak banyak pihak dirugikan atas pengguna palsu yang sering kali memanfaatkan kemudahan internet.

baca juga: PUBG Mobile Akhirnya Hadirkan Map Erangel 2.0 Secara Resmi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.