Google Siap Jadikan HP Android Sebagai Alat Pendeteksi Gempa yang Akurat

0
310
HP Android dan iOS Buat Foto 3D
Copyright ©macworld

Google Bakal Tawarkan Fitur yang Bisa Ubah HP Android Jadi Pendeteksi Gempa

Oketekno – Perusahaan Google bisa dikatakan dapat memberikan kemudahan terhadap sebagian besar pengguna ponsel di Dunia, karena sederet HP Android telah dijalankan dengan sistem operasi besutannya. Dengan begitu, kalau ada fitur baru bisa disebarkan dengan cepat kepada masyarakat luas.

Memang sih ada UI dari pihak ketiga seperti MIUI khas Xiaomi, OneUI milik Samsung, ColorOS milik OPPO, FounTouchOS milik Vivo, dan banyak lagi lainnya. Akan tetapi pembaruan patch keamanan dan beberapa fitur baru untuk pengguna Android tetap berpaku pada Google, hanya saja para vendor ini berperan sebagai penyalurnya.

Baca Juga: Game Fortnite Dipastikan Tidak Akan Pernah Bisa Dimainkan di HP Kentang

Nah, belum lama ini ada informasi yang mengungkap bahwa ponsel Android bisa dijadikan sebagai alat pendeteksi gempa. Fitur baru tersebut akan hadir dengan nama Android Earthquake Alert System, yang bisa mengubah Smartphone menjadi sebuah seismograf mini dan dapat disalurkan terhadap seluruh pengguna ponsel Android di Dunia.

HP Android
Copyright ©Unsplash

“Semua ponsel dilengkapi accelerometer kecil yang bisa mendeteksi sinyal getaran yang mengindikasikan gempa mungkin sedang terjadi. Jika ponsel mendeteksi sesuatu yang mungkin dianggap gempa, maka ponsel akan mengirimkan data ke server pendeteksi gempa kami, lengkap dengan lokasinya,” begitulah keterangan March Stogaitis selaku Principal Software Engineer di Google melalui blog resminya.

Baca Juga: Segera Rilis dengan Dimensity 720, HP Realme Ini Lebih Murah dibanding V5?

Dikatakan kalau sistem pendeteksi gempa crowdsource ini nantinya bisa menghasilkan peringatan gempa yang lebih akurat. Serta memberikan data untuk fitur pencarian ‘earthquake near me’ di Google, sehingga pengguna bisa mendapatkan peringatan ketika terjadi gempa di sekitarannya.

Google menghadirkan fitur peringatan gempa untuk HP Android di California, Amerika Serikat yang menjalin kerjasama dengan BMKG setempat, United States Geological Survey dan Office of Emergency Services milik pemerintah setempat.

Pada kerjasama ini, sistem pendeteksi gempa terdiri dari 700 seismograf yang sudah tersebar di seluruh negara bagian, dimana akan memberikan peringatan jika ada gempa di lokasi tersebut. Dan pada tahun 2021 mendatang, Google menjanjikan akan membawa fitur peringatan gempa tersebut ke negara bagian AS lainnya.

baca juga: Apple Dituduh Salah Gunakan App Store

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.