Telegram Hadirkan Video Call dengan Verifikasi Unik

0
212
Pesan Telegram
Copyright©bbci

Setelah Lama di WhatsApp Akhirnya Fitur Ini Diadopsi Telegram Juga

Oketekno – Beberapa hari yang lalu, atau tepatnya pada tanggal 14 Agustus kemarin merupakan hari jadi Telegram yang ke 7. Dan bertepatan dengan hari ulang tahunnya itu, platform ini telah memanfaatkan momen itu dengan meluncurkan fitur baru yang mungkin sudah dinantikan oleh banyak penggunanya.

Fitur yang dimaksud ini adalah video call, dimana memungkinkan pengguna bisa saling terhubung secara langsung melalui percakapan face to face. Fitur tersebut telah hadir untuk para pengguna HP Android ataupun berbasis iOS, dengan cara memperbarui aplikasi mereka.

Baca Juga: Lainnya Sudah Type-C, Mengapa Redmi 9A Masih Setia MicroUSB?

Untuk caranya sendiri sangatlah mudah, dimana pengguna bisa menekan tombol video call yang ada pada laman profil kontak, atau mungkin juga dapat menyalakan switch video ketika melakukan panggilan suara.

Vidcall Telegram
Copyright ©The Verge

Dan sama seperti layanan pesan instant yang ditawarkan, dimana untuk panggilan video yang ditawarkan berikut juga mendapatkan sistem keamanan enkripsi end-to-end untuk menjaga privasi pengguna Telegram.

Untuk sistem keamanan yang ditawarkan ini cukup unik, dimana pengguna nanti akan mendapati empat emoji untuk verifikasi. Dan kalau pengguna mendapatkan emoji yang sama, maka panggilan tersebut telah berhasil dienkripsi.

Baca Juga: Redmi 9A Rilis di Indonesia Sebagai Smartphone Sejutaan, Ini Spesifikasinya!

Selain itu, fitur ini juga mendapatkan dukungan mode picture-in-picture, dimana memungkinkan pengguna bisa membuka chat atau tampilan layar lainnya sambil tetap melakukan panggilan video bersama orang lain. Dengan demikian, pengguna tetap bisa mengerjakan sesuatu tanpa terpaku pada video call saja, dan tetap bisa melihat wajah orang yang ada dalam panggilan.

Dari keterangan yang didapat dari The Verge, diketahui kalau pesaing WhatsApp ini kedepannya akan menghadirkan lebih banyak fitur lainnya terkait panggilan video. Termasuk diantaranya yakni melakukan grup video call untuk mengobrol terhadap lebih banyak orang dalam waktu bersamaan.

Walaupun terkesan terlambat dalam menghadirkan fitur panggilan video seperti itu, namun Telegram terbukti tetap mempertahankan sistem keamanannya yang masih luar biasa. Meski dalam video call sekalipun, keamanan privasi pengguna tetap diutamakan.

baca juga: Telkom Ungkap Penyebab Gangguan IndiHome yang Resahkan Banyak Konsumen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.