Alasan Apple Hapus Puluhan Ribu Game di App Store

0
245
App Store
Copyright ©9to5Mac

Apple Bersihkan Puluhan Ribu Game dari Toko Aplikasinya

Oketekno – Bukan berimbas terhadap perusahaan Huawei saja, melainkan beberapa platform lainnya juga terkena imbas dari perseteruan antara pemerintah China dengan Amerika Serikat. Belum lama ini juga terjadi penghapusan puluhan ribu game di App Store China.

Ada sekitar 47 ribu aplikasi dan permainan telah dibersihkan dari toko aplikasi milik Apple itu yang ada di China, penghapusan ini telah dilakukan karena pemerintah China dikatakan mulai menutup celah yang bisa dipakai oleh perusahaan pembuat iPhone tersebut selama beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Larangan WeChat Berimbas ke Penjualan iPhone,Trump ‘Masa Bodoh’?

Untuk celah yang dimaksudkan kali ini yakni terkait kebijakannya yang memperbolehkan aplikasi untuk mendapatkan izin beredar di App Store meski masih menunggu izin dari pemerintah China. Kurang lebih begitulah informasi yang dilansir dari The Verge.

App Store
Copyright ©Internet

Jadi ketimbang puluhan ribu aplikasi dan permainan yang ada di App Store ini nantinya bermasalah, maka perusahaan Apple telah lebih memilih untuk menghapusnya terlebih dahulu dari toko aplikasinya. Namun, permasalahannya yakni perusahaan sangat bergantung terhadap celah tersebut.

Baca Juga: HP Huawei Lama Juga Terancam Tak Bisa Pakai Layanan Google

Hal itu dikarenakan toko aplikasi asing di China ini biasanya mewajibkan untuk menggandeng perusahaan lokal untuk kerja sama. Akan tetapi Apple telah mengoperasikan toko aplikasinya itu sendirian dan tidak memberikan akses source code miliknya ke pemerintah China.

Dan sebelumnya perusahaan ini telah sukses untuk membujuk pemerintah China agar dibuatkan pengecualian terhadap ketentuan yang demikian. Walaupun begitu, bukan berarti sang vendor memiliki jalan mulus terus di China dalam menjalankan bisnisnya, karena berbagai macam tekanan tetap ada dan bermunculan.

Misalnya saja pada bulan April 2016 silam, dimana Apple dipaksa menutup iBookstore dan iTunes Movies di China, enam bulan setelah layanan tersebut rilis. Dengan demikian, aplikasi dan game di App Store sekarang ini berkurang drastis dan semakin tertinggal jauh daripada Google Play Store. Akan tetapi ini bukan jadi masalah, yang penting bisnisnya tetap bisa berjalan lancar.

baca juga: Dibuang dari App Store dan Play Store, Fortnite Ngamuk Lewat Video Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.