Sudah Tak Bersahabat Lagi, App Store Bakal Diblokir

0
345
App Store app
Copyright ©computer america

App Store Terancam Ditendang dari China

Oketekno – Bukan menjadi hal yang asing bagi masyarakat luas kalau sederet layanan Google tidak diperkenankan masuk ke pemerintahan China secara bebas. beda dengan Apple yang memiliki hubungan baik, sehingga App Store dan beberapa layanan miliknya dapat bergerak bebas di salah satu Negara dengan penduduk terbanyak tersebut.

Akan tetapi karena hubungan dan masalah pemerintah AS dengan China yang tidak baik, berimbas terhadap sejumlah sektor bisnis. Awal yang paling berasa dialami oleh Huawei, dimana telah dimasukkan dalam daftar black-list, sehingga tidak masuk ke pasar AS, menjalin kerjasama dengan perusahaan dari AS, menggunakan layanan dari AS, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Fitur Pembatasan Kamera di Aplikasi Pihak Ketiga Pada Android 11 Bikin Lebih Aman

Tidak hanya itu saja, melainkan Presiden Donald Trump terus mencari kesalahan dan menekan beberapa perusahaan lain termasuk TikTok yang tengah populer, dan WeChat yang menjadi andalan banyak orang. Setelah berdiam cukup lama, akhirnya App Store menjadi target pemerintah China untuk diblokir dari Negaranya.

Apple Store
Copyright ©wixstatic

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Ubergizmo, disebutkan kalau di China ada aturan yang mengharuskan toko aplikasi harus dimiliki mayoritas perusahaan China. Dan Apple sebelumnya berhasil mengatasi aturan tersebut.

Baca Juga: HP Huawei Dipastikan Tetap Dapat Update Android

Akan tetapi dengan adanya layanan seperti TikTok dan WeChat yang diblokir oleh pemerintah AS dan dihapus dari App Store. Maka tidak menutup kemungkinan pemerintah China akan memblokir penuh toko aplikasi tersebut di Negaranya.

Dikatakan kalau perusahaan Apple sekarang ini harus memutuskan apakah pihaknya akan memberikan regulator China kendali lebih besar atau jenis aplikasi apa yang bakal dipublikasikan di toko aplikasi China. Dikarenakan kalau tidak demikian, maka toko aplikasi tersebut akan beresiko untuk kehilangan pasar China sepenuhnya.

Disamping itu, beberapa laporan memprediksi jika WeChat ini resmi dilarang dan dihapus dari App Store, maka Apple potensi kehilangan miliaran pengguna di China karena mereka mending pilih perangkat non-iPhone dan membatalkan seluruh langganan yang terikat pada perusahaan Apple.

baca juga: Internet Explorer Dipastikan Ditutup Mulai Tahun Depan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.