Kominfo Kasih Tips Untuk Lindungi Data Pengguna di Internet

0
326
Hacker
Hacker; Copyright©Twitter

Tips Lindungi Data Pribadi Ala Kominfo

Oketekno – Untuk sekarang ini data pengguna internet memang tengah terancam, karena banyak kasus peretasan terjadi selama pandemi virus corona berikut. Dikarenakan memang banyak kalangan cenderung lebih mengandalkan platform online sebagai media komunikasi dan perkumpulan. Nah, kali ini ada tips dari Kominfo untuk mencegah peretasan dengan melindungi data pribadi kalian.

Sebenarnya untuk dunia teknologi ini lebih berbahaya daripada apa yang ada di dunia nyata, dikarenakan kita tidak bisa mengetahui secara langsung seperti apa dan bagaimana sederet bahaya yang tengah mengintai kita.

Baca Juga: Kuota Internet Murah Telkomsel Rp 10 Bisa Untuk WhatsApp?

Malware atau tindak pencurian data terkadang datang secara tiba-tiba dan menghambat aktifitas pengguna, bahkan bisa membuat stress lantaran disk yang telah terkunci gegara virus enkripsi dimana tengah marak kembali selama beberapa bulan terakhir ini.

Kominfo
Copyright ©Kompas

“penggunaan internet (di masa pandemi) meningkat secara signifikan, namun infodemik juga ikut berkembang pesat, berikut risiko-risiko lain yang terkait dengan serangan siber. Karena serangan hacker belakangan ini cukup banyak, maka persoalan mengenai keamanan data menjadi penting, begitu juga masalah literasi digital,” begitulah keterangan dari Henri Subiakto selaku Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika dalam konferensi pers virtual.

Untuk terlindung dari ancaman pencurian data pribadi seperti ini, Kominfo menyarankan untuk mengganti password secara rutin. Dan memastikan juga password ini terdiri dari gabungan antara nomor, huruf kapital, dan lain sebagainya agar sulit untuk dilakukan peretasan.

Baca Juga: Paket Internet Telkomsel 10GB Rp 10 Masih Berlaku Hingga Akhir Tahun

Kemudian, pengguna tidak disarankan klik link begitu saja, apalagi yang masuk dalam SMS, e-mail, WhatsApp, atau platform lain. Karena tidak diketahui apa bahaya dibalik tautan tersebut, kecuali kalau memang berasal dari lembaga resmi yang bisa dilihat dari alamatnya, tapi kalau pakai shortlink harus diwaspadai.

Berikutnya yakni menghindari aplikasi bajakan, dikarenakan memang untuk aplikasi ilegal atau bajakan ini sudah disemati beberapa script yang membuat penyebar aplikasi ini bisa masuk ke dalam perangkat kalian kapan saja untuk mengambil data pribadi.

Lalu kominfo juga memberikan saran untuk menghindari koneksi WiFi di sembarang tempat, karena kita tidak bisa mengetahui seperti apakah bahaya yang tengah mengancam, siapa saja yang terhubung dan bagaimana perilaku mereka. Dan terakhir yakni pastikan data pribadi seperti e-mail, password, dan lain sebagainya dijaga dengan aman, tidak disebarluaskan ke pengguna lain begitu saja.

baca juga: Paket Nonstop Smartfren, Tetap Bisa Internetan Meski Kuota Habis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.