Negara Tujuan Vendor China Kirimkan Smartphone Penuh Malware

0
388
aplikasi android malware
Copyright ©INDOZONE

Smartphone Penuh Malware Dikirim Kesini

Oketekno – Mungkin sebagai pengguna awam tentu tidak begitu paham dan mengetahui apakah perangkatnya terdapat malware atau tidak. Padahal ini penting sekali, lantaran Smartphone menjadi salah satu barang privasi pengguna yang tidak boleh sembarangan diintip oleh orang lain.

Dan belum lama ini ada informasi kurang mengenakkan terjadi, dimana berasal dari vendor ponsel asal China. Di Afrika telah ditemukan software jahat yang rakus data dan diam-diam mendaftarkan langganan yang tidak diinginkan pengguna. Terlebih perangkat lunak ini telah terpasang di ribuan smartphone murah yang beredar luas di sana.

Baca Juga: Redmi 9A Rilis di Indonesia Sebagai Smartphone Sejutaan, Ini Spesifikasinya!

Sebagaimana dilansir dari CNN, disebutkan kalau perangkat buatan Tecno Mobile ini telah beredar di Afrika selama kurang lebih dua tahun belakangan, dan baru diketahui adanya kejadian demikian. Platform anti-fraud Secure-D telah menemukan adanya malware Triada yang mendaftarkan pengguna ke layanan tanpa izin terlebih dahulu.

Tecno Mobile
Copyright ©PriceOye

Dimana untuk malware berikut telah bersembunyi pada Smartphone Tecno W2 yang telah didistribusikan ke Negara Afrika seperti Ethiopia, Ghana, Kamerun, dan juga Afrika Selatan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Secure-D telah melakukan penelitian dan mencatat ada 19,2 juta transaksi mencurigakan yang sudah dilakukan sejak bulan Maret 2019 silam, dan itu ditemukan setidaknya pada lebih dari 200.000 perangkat Tecno Mobile.

Baca Juga: iPhone 12 Pro Max Punya Layar Standar Gaming?

“Fakta bahwa malware ini telah diinstal sebelumnya pada handset yang dibeli banyak pengguna berpenghasilan rendah, memberi tahu kita semua tentang apa yang dihadapi industri ini sekarang. Ancaman khusus ini memanfaatkan mereka yang paling rentan,” begitulah keterangan dari Managing Director Secure-D Geoffery Cleaves.

Sebagaimana keterangan dari IDC, Transsion Holdings yang produksi ponsel Tecno Mobile ini telah mendominasi pasar Smartphone Afrika dengan kontribusi sebesar 41 persen secara total. Bahkan produsen ini beda daripada vendor asal China lain seperti Xiaomi, Vivo, OPPO, dan lainnya.

Hal itu dikarenakan Transsion Holdings diketahui lebih terfokus pada pemasaran secara eksklusif di Afrika, dibandingkan di Negara China sendiri. Salah satu yang menjadikan perangkat ini paling menarik yakni, perangkat tersebut dibanderol dengan harga jauh lebih murah daripada lainnya.

baca juga: Benedetta Bisa Didapatkan Gratis di Mobile Legends

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.