Cara Melaporkan Akun WhatsApp yang Kena Hack Biar Aman

0
320
Online WhatsApp
Copyright ©WartaEkonomi

Cara Melaporkan Akun yang Diretas di WhatsApp

Oketekno – Dikarenakan tingkat popularitasnya yang luar biasa, menjadikan platform WhatsApp selalu jadi sasaran empuk bagi para peretas untuk mendapatkan informasi daripada pengguna lainnya. Berbagai macam upaya telah dilakukan oleh mereka guna mendapatkan akses tersebut.

Memang sih sudah ditawarkan beberapa fitur keamanan yang memungkinkan bisa dimanfaatkan dengan baik guna menjaga keamanan akun mereka. Akan tetapi terkadang yang demikian malah tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh pengguna, sehingga peretas masih bisa masuk dengan cara mengelabuhi mereka.

Baca Juga: Cara Membuat Avatar di Facebook dengan Mudah dan Cepat

Ketika pengguna mengaktifkan proses verifikasi dua langkah, maka peretasan seperti klik link untuk kirim kode OTP seperti itu masih bisa diatasi. Pengguna akan mendapatkan keamanan ekstra untuk itu, dikarenakan peretas tidak akan langsung masuk meski sudah mendapatkan kode OTP kalian sekalipun.

Sravanthi
Copyright ©Kompas

Akan tetapi kalau memang peretasan itu tidak bisa terhindarkan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pengguna, yakni termasuk melaporkannya kepada pihak resmi. Sravanthi Dev selaku WhatsApp APAC telah menjelaskan kalau saat pengguna segera melaporkan kepada tim untuk pemulihan akun, bisa kemungkinan tindakan cepat dilakukan.

Baca Juga: Bahaya, Malware Aplikasi Android yang Tawarkan Sepatu Gratis Sudah Banyak Korban

Pengguna dapat mengirimkan e-mail ke support@whatsapp.com, dan tim backend memiliki sifat yang cekatan, sehingga kemungkinan bisa cepat diatasi. Tim nantinya akan melakukan investigasi dan mengamati pola perilaku si pemegang akun yang diretas tersebut. Misalnya saja login ke perangkat baru yang sebelumnya tak pernah digunakan untuk log-in.

Namun dalam kasus seperti ini, tim yang berada dibawah naungan Facebook ini tetap tidak dapat melihat isi pesan yang sudah dikirim oleh peretas atau lain sebagainya, dikarenakan ini adanya enkripsi end-to-end yang diterapkan.

Disamping itu, untuk seluruh percakapan yang sudah kalian lakukan sebelumnya di aplikasi WhatsApp ini masih tetap aman-aman saja. Dikarenakan peretas tidak memiliki akses untuk memulihkan pesan yang tersimpan dari GDrive kalian, yang memerlukan akses login ke akun Google.

baca juga: WhatsApp Dibajak, Penyebab Paling Sering dan Cara Mencegahnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.