Padahal Premium, Kenapa Samsung Galaxy Z Fold 2 Tak Pakai Fingerprint Dalam Layar?

0
426
Samsung Galaxy Z Fold 2
Copyright ©The Verge

Alasan Samsung Galaxy Z Fold 2 Gunakan Fingerprint Sensor Fisik

Oketekno – Kemarin lalu pada akhirnya Samsung Galaxy Z Fold 2 telah lengkap terungkap di pasaran, dimana perangkat ini menawarkan harga yang sedikit lebih mahal daripada generasi pertamanya. Walaupun begitu, ini sepadan bahkan lebih baik karena peningkatan signifikan yang dibawa oleh perangkat tersebut.

Akan tetapi sepertinya sebagai ponsel dengan harga 1.999 USD, kurang wajar sih kalau tidak dilengkapi dengan pemindai sidik jari dalam layar. Katakan saja Samsung Galaxy Note 20 series, yang ditawarkan di rentang harga belasan juta saja, sudah menerapkan teknologi berikut. Kenapa yang lebih mahal malah absen dengan fingerprint under-display?

Baca Juga: Ada Harapan dan Tanda Galaxy Z Fold 2 Hadir di Indonesia

Dalam memberikan sistem keamanan layar ponsel, Samsung menawarkan fingerprint sensor yang disematkan di bagian samping ponsel. Dimana ini serupa dengan yang diterapkan oleh beberapa ponsel kelas menengah, termasuk Redmi Note 9 Pro.

Galaxy Z Fold 2
Copyright© Samsung

Berkenaan dengan hal tersebut, Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia bernama Taufiq Furqan telah menerangkan kalau pihaknya memang sengaja tidak menghadirkan teknologi seperti itu. Dan penggunaan fingerprint di bingkai ponsel ini biar lebih mudah diakses saja, terlebih kan ini smartphone layar lipat.

Baca Juga: Harga Samsung Galaxy Z Fold 2 Resmi Terungkap

“Apabila sensor fingerprint dipasang di dalam layar Samsung Galaxy Z Fold 2, fitur tersebut tidak berfungsi ketika ponsel sedang dalam mode dilipat. Begitu pula sebaliknya, jika modul fingerprint disematkan di layar sekunder, maka tidak bisa dipakai di layar utama. Kalau dipasang di kedua sisi ya jelas tidak akan efektif,” begitulah keterangan dari Taufiq.

Dan ini memang sudah bukan hal asing lagi, dikarenakan generasi sebelumnya termasuk Samsung Galaxy Z Flip juga telah menawarkan konsep fingerprint di bagian bingkai ponsel. Dan entah sampai kapan metode seperti ini diterapkan, hingga ada metode keamanan baru yang siap ditawarkan pada ponsel layar lipat tersebut.

Akan tetapi kalau dipikir sih memang efektif, penggunaan fingerprint sensor fisik di bingkai Samsung Galaxy Z Fold 2 ini terbilang mudah untuk diakses dalam berbagai kondisi. Sehingga pengguna tidak perlu repot mencari-cari letak pemindai terlebih dahulu untuk membuka layarnya.

baca juga: Samsung Galaxy M51 Resmi Dirilis Bawa Baterai Paling Besar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.