Cara Menggunakan Fitur Cek Fakta di WhatsApp

0
548
TIps whatsApp
Copyright ©JalanTikus

Trik Gunakan Fitur Cek Fakta di WhatsApp

Oketekno – Semakin berkembangnya pengguna yang mempercayakan aktivitas komunikasi bersama pengguna lain, disamping itu banyak pengguna lainnya yang tengah berusaha melakukan penyebaran hoax dan mengambil keuntungan pribadi atas dirinya hanya melalui WhatsApp.

Uniknya, pesan seperti itu malah tidak dihindari oleh pengguna karena memang mereka tidak banyak yang mengetahui kebenarannya. Apalagi kalangan yang suka share langsung tanpa pandang bulu, hingga pada akhirnya pesan seperti itu jadi viral, diperbincangkan dimana-mana.

Baca Juga: Avatar Facebook Kalian Masih Belum Muncul? Ini 3 Cara Mengatasinya

Dan hal semacam ini masih berusaha untuk diselesaikan oleh developer, dimana salah satu caranya yakni menawarkan fitur yang memungkinkan pengguna bisa memeriksa sendiri fakta daripada pesan tersebut. Ataukah memang benar kenyataannya demikian, atau mungkin itu cuman pengalihan isu saja.

WhatsApp messenger
Copyright ©The Verge

Fitur cek fakta sekarang ini memang masih belum bergulir untuk semua kalangan, cuman beberapa pengguna terpilih saja yang telah mendapatkan kesempatan menguji fitur tersebut. Dan tidak menutup kemungkinan WhatsApp akan menggulirkannya segera untuk pengguna luas agar bisa dinikmati oleh mereka.

Baca Juga: Cara Melaporkan Akun WhatsApp yang Kena Hack Biar Aman

“Fitur pencarian ini bekerja dengan memungkinkan pengguna untuk mengunggah pesan melalui browser. WhatsApp tidak akan melihat pesan tersebut,” begitulah keterangan resmi dari anak perusahaan Facebook tersebut. Dan cara menggunakannya sendiri gampang banget, langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

  • Pertama, pengguna ketika menerima pesan yang diteruskan (forwarded) jangan meneruskannya terlebih dahulu. Kalau ada lambang panah ganda, harus diperiksa kebenarannya terlebih dahulu
  • Kemudian, nantinya akan ada juga ikon seperti kaca pembesar. Klik ikon tersebut
  • Dan nantinya kalian akan melihat kotak dialog, yang menuliskan ‘Apakah Anda ingin mencari pesan ini di web? Pesan ini akan diunggan ke Google’
  • Setelah itu kalian klik ‘Cari di web’
  • Nantinya, perangkat secara otomatis akan meluncurkan hasil pencarian Google mengenai pesan yang diterima

Kurang lebih seperti itulah cara memeriksa fakta yang bisa kalian terapkan pada aplikasi WhatsApp, sehingga kalian sendiri bisa tau kebenaran dari pesan tersebut. Dan jangan sampai termakan hoax lama-lama.

baca juga: Cara Menggunakan Avatar Facebook Untuk Chatting di WhatsApp

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.