Samsung Semakin Ditinggalkan di Indonesia

0
3600
Top 5 Smartphone
Copyright© YouTube

Samsung Semakin Menurun di Indonesia

Oketekno – Selama beberapa waktu terakhir ini kita mengetahui bahwa vendor asal China tengah naik daun banget, dan menggila. Dimana banyak mendapatkan penguasaan di berbagai wilayah, dan menjadi paling laris. Dan berkaitan dengan hal ini, Samsung yang menjadi penguasa selama beberapa tahun terakhir sampai berhasil ditumbangkan juga.

Diketahui dari laporan firma riset Counterpoint, Indonesia disebut menjadi salah satu Negara dengan kondisi pasar Smartphone yang tengah berkembang di Dunia. Dan lagi-lagi vendor asal China seperti OPPO, Vivo, Xiaomi, dan lainnya juga begitu mendominasi di wilayah ini.

Baca Juga: Ada Fitur Drag and Drop di Samsung Galaxy Z Fold 2, Fungsinya?

Berdasarkan hasil risetnya, diketahui kalau vendor Smartphone asal China secara total mendapatkan penguasaan sebesar 73.3 persen dari total pengiriman di Indonesia. Empat dari 5 top brand telah berasal dari China, sedangkan satu posisi yang masih bertahan yakni Samsung, dari Korea Selatan.

Top 5 Brand Smartphone Indonesia
Copyright© Counterpoint

Vivo sekarang ini telah menjadi vendor paling laris di Indonesia, dimana mendapatkan penguasaan pasar 21.2 persen sepanjang Q2 2020 kemarin. Kemudian OPPO berada dibawahnya persis dengan perolehan 20.6 persen dalam periode yang sama. Sedangkan Samsung hanya ada di posisi ketiga dengan perolehan 19.6 persen saja.

Baca Juga: Punya Layar 120Hz, Bagaimana Daya Tahan Baterai Samsung Galaxy Z Fold 2?

Kalau dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun 2019 silam, vendor asal Korea Selatan ini mengalami penurunan yang drastis, karena pada saat itu masih memiliki penguasaan pasar 27 persen. Dan kini malah dibawah 20% saja, meski sebenarnya telah menggenjot segmen pasar kelas menengahnya juga.

Di posisi keempat ada Xiaomi dengan pertumbuhan jumlah hingga 17.9 persen, dan terakhir ada Realme yang berhasil menguasai pasar 13.6 persen. Angka ini meningkat drastis daripada periode Q2 2019 silam, yang cuman 7.6 persen saja. Wajar sih memang, karena brand ini tergolong baru untuk beredar sendiri di pasaran.

Meski berada di posisi keempat, akan tetapi Tarun Pathak selaku Wakil Direktur CounterPoint, telah menjelaskan kalau sejatinya Xiaomi ini telah berhasil memimpin penjualan Smartphone secara online, dengan pangsa pasar hingga 40% di Indonesia. Produk terlarisnya adalah Redmi 8A, kemudian ada Realme 5i, dan disusul lagi oleh produk Xiaomi, Redmi Note 8 series.

baca juga: Samsung Galaxy A42 5G Segera Dirilis Jadi yang Paling Murah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.