Chip Smartphone 5G Murah Milik Qualcomm Ternyata Buatan Samsung?

0
329
5G Modem Samsung
Copyright ©TechJuice

Qualcomm Percayakan Chip 5G Murah ke Samsung

Oketekno – Memang sekarang ini teknologi jaringan 5G masih cukup sulit untuk ditemukan, dikarenakan ini masih tergolong baru bahkan belum semua Negara memiliki dukungannya. Walaupun begitu, setiap vendor sekarang ini tengah mengusahakan merilis Smartphone 5G murah agar bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

Qualcomm menjadi salah satu perusahaan paling berjasa dalam pengembangan jaringan terbaru ini, dikarenakan melalui sederet chipset besutannya, membuat berbagai perangkat kini juga telah mampu terkoneksi terhadap jaringan 5G yang tersedia.

Baca Juga: Realme Optimis dengan Smartphone 5G Besutannya

Bukan lagi untuk kelas premium, melainkan beberapa chipset kelas menengahnya termasuk Snapdragon 765G sudah memiliki dukungan modem 5G juga. Dan perusahaan mikroprosesor ini terus berusaha mengembangkannya agar bisa menyasak segmen entry-level juga.

Jaringan 5G
Copyright ©Bisnis

Dan belum lama ini ada informasi yang mengatakan kalau Qualcomm akan menjalin kerjasama dengan Samsung untuk membuat chip processor 5G dengan harga jual yang terjangkau. Sehingga bisa lebih banyak Smartphone 5G murah di pasaran nantinya.

Baca Juga: Realme V3 Resmi Dirilis, Smartphone 5G Rp 2 Jutaan

Sebenarnya perusahaan asal Korea Selatan ini masih merasa kalah saing dengan TSMC, dikarenakan memiliki kontrak Snapdragon seri 8 dari Qualcomm. Akan tetapi kalau secara global, Samsung masih tidak kalah lantaran telah mendapatkan kontrak dari Nvidia juga untuk kembangkan proses ‘8N’ yang digunakan untuk produksi GPU seri 3000.

Bahkan perusahaan Samsung juga mendapatkan kontrak dari IBM untuk melakukan produksi prosessor Power10 dengan memanfaatkan proses EUV 7nm. Dan disamping itu, pihaknya juga terus berinovasi dalam mengembangkan pabrik chip miliknya, terlebih untuk membuat komponen dengan produksi 5nm.

Untuk penggunaan teknologi EUV ini merupakan hal terpenting bagi Samsung dalam mengejar ketertinggalannya dengan TSMC. Dan tidak menutup kemungkinan perusahaan ini juga akan mendapatkan pesanan produksi chip 5G lebih banyak.

Dikarenakan Smartphone 5G murah ini terus digandrungi oleh masyarakat luas, beberapa perangkat seperti Realme V3 menjadi salah satu yang paling laris di pasaran. Ponsel tersebut hadir dengan harga murah dan dukungan 5G, akan tetapi tidak menggunakan chipset dari Qualcomm.

baca juga: Smartphone 5G Termurah Samsung Tengah Disiapkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.