Nasib HP Huawei Bakalan Sama Seperti Ponsel Nokia Lalu?

0
467
Huawei P40
Copyright ©bachlongmobile

HP Huawei Mulai Terlihat Kemerosotannya

Oketekno – Sejak tahun lalu memang sudah mendapatkan tekanan dari segi sistem operasi dan berbagai macam layanan yang ada di dalam HP Huawei. Akan tetapi belum lama ini ada informasi bahwa dari segi hardware juga mendapatkan tekanan dari pemerintah AS.

Pada pertengahan tahun ini Huawei memang sempat meraja dan berhasil mengalahkan Samsung yang sudah bertahun-tahun memuncaki posisi paling atas berdasarkan firma riset pasar, Canalys. Akan tetapi sayang kejayaan tersebut tidak berlangsung lama.

Baca Juga: Huawei Rilis Penantang Asli HP Android Tahun Depan

Dan bahkan beberapa waktu ini ada informasi yang mengatakan kalau tidak menutup kemungkinan Huawei ini nanti akan memiliki nasib sama seperti Nokia, yakni seorang mantan raja ponsel yang kalah bersaing dengan pemain lainnya di pasaran. Ini disampaikan ketika Huawei berencana cuman produksi 50 juta ponsel aja tahun 2021 nanti.

Huawei Mate 40 Pro
Copyright ©Forbes

Untuk angka ini jelas jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan yang dimiliki oleh Huawei, dimana pada tahun 2019 berhasil mengirimkan 240 juta HP Huawei, sedangkan di tahun 2020 ini angkanya diperkirakan masih bisa tembus hingga 190 juta unit.

Baca Juga: Huawei P40 Tetap Laris Manis Meski Tanpa Google

Penyebab dari penurunan jumlah produksi ini disebutkan tak lain karena imbas terkait konflik politik bilateral antara Amerika Serikat dan China. Pada pertengahan tahun 2019 kemarin, pemerintah AS dibawah perintah Donald Trump telah memasukkan vendor asal China ini ke daftar hitam.

Memang sih untuk situasi yang dihadapi oleh Huawei ini berbeda dengan Nokia dimana memang terseleksi oleh bisnis Smartphone. Sedangkan vendor asal China ini disebabkan oleh adanya tekanan dari pemerintah AS yang bertubi-tubi dan terus menekan.

Kalaupun memang kemungkinan terburuk ini terjadi, maka jelas yang diuntungkan yakni Apple dari AS dan juga Samsung dari Korea Selatan. Karena keduanya merupakan pesaing paling sengit yang terus geser-geseran dengan Huawei.

Walaupun begitu tentu saja sang vendor tidak akan tinggal diam, berbagai macam upaya akan dilakukan untuk membuat HP Huawei ini tetap laku dan laris manis di pasaran, serta menjadi andalan bagi kalangan tertentu.

baca juga: Huawei P40 Tetap Laris Manis Meski Tanpa Google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.