Meningkat, Modus Penipuan Merambah ke Platform WhatsApp

0
157
Cara Menambahkan Kontak WhatsApp
Copyright ©Guiding Tech

Penipu Sudah Merambah ke Platform WhatsApp

Oketekno – Seperti apapun celah dan pencegahan dilakukan, masih saja ada beberapa pihak yang berusaha mencari cara kejahatan untuk mengambil keuntungan pribadi terhadapnya. Beberapa kali mungkin sudah tidak asing lagi dengan penipuan via telepon, kali ini merambah ke WhatsApp juga.

Pelaku kejahatan cyber beberapa waktu terakhir ini diketahui menggunakan metode baru dalam mengelabuhi korbannya, yakni dengan cara mengirimkan file audio W.A dengan iming-iming hadiah memenangkan lotere.

Baca Juga: Fitur Utama Facebook Campus yang Baru Diumumkan

Ketika anda menerima file audio dari nomor tidak dikenal, atau mungkin telepon WhatsApp dari nomor yang tak ada dalam kontak alias orang asing ini harus lebih waspada lagi. Terlebih kalau mereka mengaku sebagai perwakilan dari platform, sebaiknya abaikan saja dan jangan sampai termakan pancingan mereka.

WhatsApp Hack
Copyright ©TenorshareatsA

Untuk modus penipuan seperti ini tengah marak di India, dimana para pelaku kejahatan cyber ini memanfaatkan rekaman suara yang menginformasikan kepada korban kalau mereka mendapatkan hadiah tiket lotere senilai Rs 25 lakh, dengan mengatasnamakan WhatsApp.

Baca Juga: HarmonyOS Tidak Eksklusif Untuk HP Huawei Saja

Dan bagi mereka yang ingin mengklaim hadiah lotere tersebut, mereka harus menghubungi cabang State Bank of India (SBI) di Mumbai. Lucunya lagi adalah, penipu ini memaksa memanggil seseorang yang disebutnya sebagai manager cabang dan cuman bisa dihubungi via W.A saja.

Berdasarkan keterangan yang didapatkan dari Times of India, bahwa rekaman audio ini telah dilengkapi dengan gambar yang bercerita terkait lotere secara random. Dan penipu ini juga melibatkan beberapa orang, termasuk diantaranya mereka yang mengaku sebagai manajer cabang SBI juga.

Ketika korban sudah mulai masuk ke dalam perangkap, pelaku akan meminta untuk menyetorkan biaya pendaftaran dan juga pajak untuk jumlah lotere. Dan tentu saja, kalau sampai tergiring melakukan tindak demikian, maka korban akan kehilangan uang itu selamanya.

Sebagai alternatifnya, si penipu ini nanti akan mengarahkan korban supaya memasang suatu aplikasi. Dimana untuk aplikasi inilah yang akan menjadi pemantau jarak jauh, sehingga cookies, PIN, Password, dan informasi lain milik korban bisa ketahuan semuanya. Jadi, lebih berbijaklah anda dalam menggunakan aplikasi WhatsApp.

baca juga: Sembunyikan Foto Profil WhatsApp dari Orang Tertentu Biar Lebih Aman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.