Ponsel BM Tak Dikasih Kendor Mulai Hari Ini

0
412
Aturan Pemerintah, Begini Cara Daftarkan IMEI Untuk Ponsel Black Market yang Diblokir
Copyright ©Dating

Ponsel BM Mulai Resmi Diblokir Sepenuhnya di Indonesia

Oketekno – Sebenarnya sudah direncanakan kalau pemblokiran Ponsel BM ini akan dilakukan pada bulan April 2020 kemarin. Dimana sudah sempat diterapkan, akan tetapi masih belum juga maksimal hasilnya, banyak orang yang masih berhasil meloloskan diri dari peraturan tersebut.

Hingga pada akhirnya pemerintah bersama para mitra, telah melakukan perbaikan dan mulai hari ini peraturan tersebut telah kembali diterapkan, dimana memblokir seluruh perangkat berdasarkan IMEI yang tak terdaftar dalam database pemerintahan.

Baca Juga: Kampung Samsung Malah Dikuasai iPhone SE 2020

Handphone dan Komputer Tablet, dengan nomor IMEI yang tak terdaftar nantinya tidak bakal bisa mendapatkan jaringan dari operator telekomunikasi lokal. Namun, ada beberapa pengecualian yang bisa menjadikan ponsel ini mendapatkan sinyal, termasuk beli perangkat secara terbatas dan penuhi pajak hingga perangkat dari turis asing yang datang ke Indonesia.

IMEI Information
Copyright ©Kumparan

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menerapkan pemblokiran ini sejak tanggal 15 September 2020 kemarin, pukul 22.00 WIB. Ponsel BM kali ini benar-benar bisa dihadang, dikarenakan sistem CEIR dan EIR telah selesai untuk dilakukan proses stabilisasi sistem.

Baca Juga: Vivo V20 dan V20 SE Dipastikan Punya Kamera Selfie yang Canggih

Pihak pemerintah telah memberikan himbauan terhadap seluruh lapisan masyarakat, dimana ketika mereka hendak membeli Smartphone, harap memastikan terlebih dahulu IMEI yang ada dalam perangkat. Anda bisa memeriksa apakah IMEI tersebut tersedia atau tidak melalui laman https://imei.kemenperin.go.id/.

Setelah itu, cobalah untuk menyambungkan perangkat HKT ini dengan jaringan operator seluler. Kalau memang tidak bisa tersambung, maka kemungkinan besarnya nomor IMEI perangkat HKT tersebut tidak terdaftar.

Kemudian untuk masyarakat yang ingin membeli perangkat secara online atau mungkin membawa perangkat dari luar negeri melalui bandar udara ataupun pelabuhan, harus mendaftarkan nomor IMEI miliknya melalui link https://www.beacukai.go.id/register-imei.html. Nanti, nomor IMEI akan ditambahkan dan anda bisa mendapatkan jaringan dengan operator seluler lokal.

Untuk pendaftaran HKT dari luar negeri ini bisa dilakukan juga melalui aplikasi Mobile Beacukai yang bisa didapatkan melalui Google Play Store. Proses aktivasi biasanya memakan waktu maksimal 2 x 24 jam, sebelum Ponsel BM yang dibeli ini menjadi resmi untuk digunakan di Indonesia.

baca juga: Advan G5, HP Sejutaan Triple Camera yang Bikin IG Makin Keren

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.