YouTube Semakin Banyak Peminat, Juga Tambah Iklan Bertebaran

0
323
YouTube iOS
Copyright© iPhone

YouTube Semakin Banyak Konten Kreator dan Peminat Juga Iklan

Oketekno – Dikarenakan pandemi kemarin, menjadikan beberapa kalangan telah berpindah ke dunia internet, mulai dari kalangan biasa hingga artis juga. Platform YouTube rata-rata yang menjadi pelarian mereka menciptakan konten yang bisa dinikmati oleh khalayak luas, dan juga sebagai media hiburan bagi mereka.

Lantaran banyaknya orang baru yang mencoba nasib di platform streaming berikut, menjadikan layanan milik Google ini telah mengalami pertumbuhan pengguna yang sangat pesat, baik dari segi penonton ataupun konten kreator yang tergabung.

Baca Juga: Redmi 9i Resmi Dirilis dengan Memori Lebih Besar

Sebagaimana yang dilansir dari ComScore VMC, ada sekitar 93 juta penonton YouTube di Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas untuk setiap bulannya selama satu tahun terakhir ini. Dimana untuk jumlah ini telah mengalami pertumbuhan yang besar dari tahun sebelumnya yang cuman berkisar 10 juta pengguna saja.

YouTube Tab AND PC
Copyright ©TribunNews

Untuk pertumbuhan dari kreator ini sendiri juga begitu tinggi, ada sekitar 600 channel di Indonesia yang telah berhasil mendapatkan 1 juta subscriber. “Ledakan channel ini tidak mungkin terjadi tanpa konten yang kaya dan beragam dari para kreator, yang berasal dari seluruh penjuru negeri, bukan hanya kota-kota besar,” begitulah yang disampaikan oleh Head of Large Customer Marketing Google Indonesia, Muriel Makarim.

Baca Juga: Samsung Galaxy S20 FE Muncul di Situs Resminya

Berdasarkan data yang didapatkan oleh YouTube, di Indonesia tren waktu ini menunjukkan kalau video terkait sains, humaniora, dan hukum dalam 12 bulan terakhir hingga bulan Juni 2020 kemarin, telah mengalami pertumbuhan lebih dari 80 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun kemarin.

Uniknya, dalam penelusuran terkait ‘drama Korea’, ‘Korea drama’, dan ‘drakor’ telah mengalami kenaikan yang luar biasa, diketahui selama 12 bulan terakhir didapatkan kenaikan 130 persen dibanding tahun sebelumnya. Kemudian untuk masalah penelusuran terkait ‘baking’, ‘kue’, dan ‘cookies’, mengalami lonjakan 2x lipat lebih banyak.

Dengan adanya hal semacam ini, pemilik brand ataupun layanan streaming bisa melakukan promosi yang menarik juga di platform YouTube, membuka kesempatan menjangkau pelanggan lebih banyak. Melalui konten ataupun tayangan iklan dengan berlangganan pada layanan iklan milik Google, karena memang penayangan iklannya sendiri sekarang juga lebih banyak muncul daripada periode yang sama tahun lalu.

baca juga: Kampung Samsung Malah Dikuasai iPhone SE 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.