Ternyata Calon Chip iPhone 12 Tidak Sekencang Snapdragon 865+?

0
471
iPhone 12 Four Camera
Copyright ©BGR

iPhone 12 Masih Kurang Memuaskan dengan A14 Bionic?

Oketekno – Seperti yang sudah diketahui, dimana dalam acara yang digelar oleh Apple beberapa waktu lalu tidak ada iPhone 12 ikut dirilis dalam event tersebut. Hanya saja untuk calon chip processor yang akan digunakan sudah mulai terungkap.

Dimana chipset terbaru dari Apple, A14 Bionic sebelumnya telah terpasang pada iPad Air 4. Pada saat itu sang vendor juga tidak mengungkap berapakah peningkatan yang terjadi jika dibandingkan dengan A13 Bionic yang terpasang di iPhone 11.

Baca Juga: iPhone SE 2020 Murah Mulai Rilis di Indonesia Awal Bulan Depan

Hanya saja Apple mengungkap kalau peningkatan signifikan terjadi kalau dibandingkan dengan A12 Bionic yang terpasang di iPhone XS. Disamping itu, produksi chip tersebut menggunakan teknologi 5nm yang paling terbaru.

iPhone 12 Pro Max Benchmark
Copyright© Twitter

Akan tetapi dalam sebuah bocoran benchmark AnTuTu yang belakangan beredar, telah memperlihatkan kalau A14 Bionic ini tidak secepat yang diharapkan dan menjadi tandingan ketat Snapdragon 865+ yang terpasang di ASUS ROG Phone 3 atau beberapa ponsel flagship lainnya.

Baca Juga: iPhone Mulai Dapat Update iOS 14

Sebuah tangkapan layar benchmark telah dibagikan oleh Ice Universe melalui akun Twiiter miliknya bernama @UniverseIce. Dalam hasilnya itu tercantumkan juga nama iPhone 12 Pro Max, dengan hasil benchmark secara keseluruhan 572.333 poin.

Dimana angka ini bisa dibilang lebih rendah jika dibandingkan dengan HP Android dengan Snapdragon 865+ yang sudah tembus 60 ribuan. Sedangkan untuk skor ini bila dibandingkan dengan iPhone 11 Pro Max hanya selisih 47 ribuan saja, dimana ini bisa kita ketahui kalau ternyata peningkatannya tidak begitu signifikan dari satu kelas sebelumnya.

Bukan cuman performa saja, melainkan skor user experience (UX) iPhone 12 Pro Max dengan angka 81.927 poin juga terlihat nyaris identik dengan iPhone 11 Pro Max dengan skor 83.715 poin. Sehingga dari sini ada spekulasi bahwasanya Apple tidak begitu fokus dalam peningkatan performa.

Melainkan dalam membuat iPhone 12 series dengan chipset A14 Bionic terbarunya ini mereka berfokus pada hemat daya baterai. Dikarenakan dengan chip yang diproduksi dengan teknologi 5nm ini menjadikan perangkat bisa lebih hemat daya baterai daripada sebelumnya, karena memiliki ukuran lebih kecil juga.

baca juga: Kampung Samsung Malah Dikuasai iPhone SE 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.