Alasan Indonesia Sudah Butuh Koneksi 5G

0
492
5G Telkomsel
Copyright ©Selular

Indonesia Butuhkan Koneksi 5G

Oketekno – Beberapa Negara sekarang ini telah memiliki dukungan koneksi 5G, dikarenakan memang fasilitas dan juga layanannya sudah siap. Sedangkan Indonesia masih butuh beberapa waktu lagi dalam mengaplikasikan jaringan 5G untuk dinikmati oleh layanan publik.

Sejumlah Negara telah menerapkan teknologi jaringan generasi ke lima ini untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital di masa mendatang. Walaupun sekarang ini Indonesia masih mengunakan jaringan 4G, akan tetapi beberapa alasan menjadikan Tanah Air masih membutuhkan koneksi jaringan cepat tersebut.

Baca Juga: Fitur Chatting Baru di Mobile Legends Makin Mirip dengan WhatsApp

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bernama Ismail telah mengatakan setidaknya ada empat alasan kenapa Indonesia ini perlu menerapkan jaringan 5G dalam waktu dekat.

Smartphone 5G
Smartphone 5G; Copyright©Medium

“Tujuan kita membangun 5G ini bukan semata-mata untuk melengkapi network saja, tapi jauh lebih luas dari itu agar dampaknya hasil yang maksimal bagi kepentingan bangsa dan negara, serta bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat luas,” kurang lebih begitulah keterangan Ismail dalam webinar “Unlocking 5G Potential for Digital Economy in Indonesia”.

Baca Juga: Update Mobile Legends Bikin Jaringan Sering Lag, Begini Cara Mengatasinya

Selain itu, ia juga mengatakan kalau Negara ini sudah mengalami beberapa perubahan teknologi jaringan 2G, 3G, hingga 4G. Oleh karenanya, sekarang ini jangan sampai mengalami kesalahan yang sama dalam menghadirkan jaringan 5G terhadap publik, sehingga mereka bisa lebih cepat dalam merasakannya.

Ismail juga menjelaskan kalau teknologi jaringan seluler terbaru ini berbeda daripada sebelumnya yang cuman seputar user experience. Untuk koneksi 5G ini, menciptakan pendekatan baru pada kemampuan teknis, seperti data rate, latency, connectivity, dan masih banyak lainnya.

Beberapa alasan yang mengharuskan Tanah Air butuh 5G yakni seperti dapat mendukung lima prioritas kepala Negara, seperti pembangunan SDM, infrastruktur, memangkas segala bentuk kendala regulasi, penyederhanaan birokrasi, hingga transformasi ekonomi.

Kemudian tujuan lainnya yakni mewujudkan roadmap Indonesia 4.0 dengan mengubah industri agar lebih modern, bisa menciptakan produk dengan cost yang lebih efisien. Dan alasan berikutnya yakni 5G ini diharapkan bisa mendorong destinasi wisata prioritas yang diandalkan pemerintah, seperti Danau Toba, Candi Borobudur, Mandalika, Likupang, dan juga Labuan Bajo.

Alasan berikutnya yakni mempersiapkan ibu kota negara Indonesia baru dengan implementasi jaringan 5G. Dikatakan kalau pemerintah tidak ingin harus membangun jaringan ini dua kali kerja dalam menciptakan jaringan yang memadai dan paling cepat di Ibu Kota baru mendatang.

baca juga: Banyak Pemain Kurang Puas dengan Update Mobile Legends Kemarin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.