Siapa Sangka Ternyata Nama ‘Google’ Bermula dari Salah Ketik

0
395
Bukan Cuman YouTube, Google Juga Rilis Situs Khusus Untuk Info Corona
Copyright ©MSN

Google Juga Awalnya Tidak Miliki Kemampuan Program HTML

Oketekno – Sebagai perusahaan internet terbesar di Dunia, tentu saja masyarakat sudah tidak asing dengan namanya Google. Dimana memang nama ini telah terkenal akan suatu layanannya yang sudah menjamur di seluruh Dunia.

Dan kemarin raksasa internet berikut telah merayakan ulang tahunnya yang ke 22, dimana beberapa fakta menarik terkait nama dan perusahaan ini telah diungkap ke publik. Salah satu yang menyita perhatian yakni terkait adanya salah ketik.

Baca Juga: Kuota Internet Murah Telkomsel Hadir Kembali

Dimana layanan berikut telah bermula dari Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1996. Dimana kedua mahasiswa pascasarjana di Standford University tersebut telah mengembangkan mesin pencari bernama “BackRub”, dimana ini akan dioperasikan menggunakan server kampus mereka.

Google Search
Copyright ©Okezone

Dan pada tahun 1997, Larry ingin menggantinya dengan nama lain. Ia telah berdiskusi bersama teman mahasiswa lainnya, termasuk kolega bernama Sean Anderson juga. Kemudian dari situ muncul usulan nama “Googol”, dimana istilah matematika untuk angka 1 dan diikuti oleh 100 angka nol.

Baca Juga: Cara Matikan Autoplay Video Facebook Biar Makin Hemat Kuota Internet

Nama ini diambil untuk menjelaskan misi sang mesin pencari sebagai gudang informasi tak terbatas di dunia internet. Dan Sean pada akhirnya mencari apakah domain Googol.com ini sudah digunakan atau belum. Akan tetapi sayang, dalam pencariannya malah salah ketik dan menjadi Google.com.

Ternyata pada saat salah ketik ini Larry malah lebih suka dengan nama Google, kebetulan nama domain tersebut juga masih belum dipakai oleh orang lain. Halaman muka juga masih nampak bersih, sejak kali pertama beroperasi, dikarenakan memang dulunya kedua pendiri ini tidak bisa bahasa pemrograman HTML.

Page dan Brin menginginkan mesin pencarian dengan antarmuka yang tidak ribet. Oleh karenanya, pencarian melalui Google ini telah dibuat sesederhana mungkin. Pengguna cukup tekan tombol enter setelah masukkan kata kunci pencariannya.

Sampai kini 22 tahun setelah beroperasi, Google sendiri tampilannya juga masih bersih, cuman menampilkan logo dan kotak pencarian saja. Untuk Logo tersebut juga sering dikreasikan sebagai doodle sekarang ini, bertujuan memberikan perbedaan tampilan setiap waktunya.

baca juga: Tri Bersama Kemendikbud Berikan Kuota Internet Gratis 80GB Untuk Belajar Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.