Samsung Galaxy Watch 3, Smartwatch Elegan dan Kaya Fitur

0
1334
Samsung Galaxy Watch 3

13 Fitur Samsung Galaxy Watch 3

Oketekno – Bukan hanya mengembangkan perangkat Smartphone saja, melainkan vendor Samsung begitu kreatif dalam menghadirkan perangkat canggih dengan tujuan memudahkan pengguna dalam melakukan setiap aktivitas yang dijalani.

Seperti yang baru dihadirkan berikut, dimana vendor asal Korea Selatan ini meluncurkan Samsung Galaxy Watch 3 yang memungkinkan pengguna bisa mendapatkan pengalaman lebih banyak. Itu tidak lain dikarenakan fitur canggih yang ditawarkan lebih banyak daripada generasi sebelumnya.

Baca Juga: Samsung Galaxy F41 Dipastikan Bawa 64MP Triple Camera

Dari segi desain memang masih elegan sama seperti sebelumnya, ada beberapa bagian yang telah mengalami perbaikan agar bisa dipakai lebih nyaman dan tahan untuk pengguna. Peningkatan paling signifikan terjadi pada bagian fitur, dimana untuk lebih jelasnya bisa simak dalam pembahasan berikut.

Samsung Galaxy Watch3 - Stainless Steel 41mm and 45mm

Fitur Samsung Galaxy Watch 3

  1. Desain

Untuk layar yang digunakan ini lebih besar, akan tetapi dari keseluruhannya, Smartwatch ini lebih ringan dan lebih ramping sehingga nampak makin elegan di pergelangan tangan pengguna. Ketika dikenakan seolah perangkat ini tidak akan mengganggu rasa dan kenyamanan dari pengguna sama sekali.

Selain itu, ada beberapa tipe yang bisa dipilih oleh pengguna, dimana bisa memilih yang klasik atau Titanium dengan bahan lebih mewah. Selain itu, ada juga opsi warna yang bisa disesuaikan dengan warna kulit pergelangan tangan pengguna.

Baca Juga: Samsung Galaxy A72 Bakal Dilengkapi Lima Kamera

  1. Leather Strap Kualitas Premium

Salah satu kunci kenyamanan yang bisa dirasakan pengguna yakni berkat Leather Strap yang digunakan, dimana untuk bahan dan desainnya yang premium, menjadikan perangkat tidak menyiksa pergeralangan tangan ketika dikenakan.

Disamping itu, untuk leather strap berikut juga dibuat senatural mungkin. Namun Samsung menawarkan daya tahan yang bagus untuk mencegah warna tidak cepat pudar dimana bisa merusak tampilan Smartwatch itu sendiri.

Apalagi untuk versi Titanium, dimana sudah jelas untuk bahan yang digunakan lebih baik, mulai dari body Smartwatch itu sendiri ataupun tali pengikat yang digunakan. Versi ini menjadi paling premium, ditujukan untuk kalangan yang mengedepankan penampilan.

  1. Memiliki Rotate Bezel

Samsung Galaxy Watch3 - Mystic Bronze 41mm - 2

Masih sama seperti jam pintar pendahulunya, dimana pada perangkat ini juga masih menggunakan rotate bezel untuk beberapa fungsi, diantaranya yakni seperti berpindah antar widget, membuka aplikasi, hingga check notifikasi.

Dengan demikian, pengguna tidak lagi perlu melakukan pengoperasian pada layar lagi untuk mendapatkan fungsi tertentu. Cukup dengan memutar bezel di pinggirannya saja, sudah bisa menuju ke fungsi yang diinginkan.

  1. Blood Oxygen

Melalui fitur ini nantinya pengguna bisa melakukan pemantauan kesehatan secara mandiri, terlebih dalam hal pernafasan. Dimana Blood Oxygen ini dapat memeriksa saturasi oksigen untuk kebutuhan kebugaran dan kesehatan.

Untuk menggunakannya ini pengguna harus benar-benar dalam keadaan tenang dan rilex, dan tidak bisa dilakukan sembari berdiri. Pengguna harus duduk dan meluruskan tangannya ketika melakukan tes, kemudian pengguna diminta untuk memposisikan sensor tepat dan menempel di tangan untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Baca Juga: Samsung Galaxy S20 Vs Galaxy S20 FE, Beda Rp 4 Juta Dapat Apa Aja?

  1. Fall Detection

Beberapa pengguna yang sudah lanjut usia mungkin dikhawatirkan sudah tidak begitu tahan lagi untuk berjalan, sehingga cocok ketika menggunakan Galaxy Watch 3 berikut. Dikarenakan ada fitur Fall Detection dimana akan memberikan informasi terhadap perangkat yang dipasangkan terkait kondisi orang kesayangan tersebut.

Nantinya ketika ada deteksi pengguna jatuh, selama beberapa waktu perangkat akan menampilkan apakah perlu bantuan atau tidak. Jika memang selama waktu tersebut tidak ada respon, maka otomatis akan melakukan panggilan darurat terhadap nomor yang sudah didaftarkan sebelumnya, memberitahukan perihal keadaan ini.

  1. Running Analysis

Fitur ini nantinya akan menawarkan feedback secara real-time terhadap penggunanya, apakah teknik larinya sudah efektif atau belum bertujuan untuk mengurangi cedera saat melakukan olahraga. Selain itu, untuk memantau kemajuan cardio sepanjang sesi olahraga, smartwatch ini juga dilengkapi dengan pembacaan VO max.

Pembacaan ini nantinya bisa digunakan untuk mengukur konsumsi oksigen ketika berolahraga dengan intens. Bukan cuman berolahraga di luar ruangan saja, melainkan fitur ini juga bisa diaktifkan ketika pengguna ingin berolahraga di dalam rumah sekalipun.

  1. Panduan Video 120 Jenis Olahraga

Samsung Galaxy Watch3 - Olahraga di rumah dengan panduan di aplikasi Samsung Health dan monitor hasilnya saat mirroring ke layar TV 1

Mungkin pengguna bingung mau berolahraga seperti apa, maka mereka dapat mengaktifkan fitur berikut, yang mana bisa memandu pengguna untuk melakukan olahraga sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Smartwatch ini bisa dihubungkan ke perangkat lain yang memiliki layar seperti Smartphone ataupun SmartTV dan Monitor untuk memberikan visual instruktur dalam memberikan panduan gerakan – gerakan yang menyehatkan.

  1. Sleep Score

Tidak hanya memberikan jenis olahraga dan gerakan yang membantu kesehatan pengguna saja, melainkan perangkat ini juga akan melakukan deteksi terhadap kualitas tidur pengguna juga. Dikarenakan kalau memang tidurnya tidak terjaga, jelas kesehatan dan kekebalan tubuhnya menurun.

Sehingga untuk Samsung Galaxy Watch 3 ini sebaiknya tetap dipakai oleh pengguna meski tengah tertidur sekalipun. Ini bertujuan untuk melakukan deteksi seperti apakah kualitas tidurnya, apakah sudah cukup pulas dan bugar kembali keesokan harinya, atau mungkin perlu dilakukan perbaikan lagi.

Baca Juga: Samsung Galaxy A42 5G Pakai Chip Paling Baru dari Qualcomm

  1. Pengingat Jadwal Harian

Pengguna bisa mengatur jadwal pada jam pintar miliknya berikut untuk mengingatkannya kembali ketika sudah jatuh pada harinya di masa mendatang. Perangkat ini nanti akan memberikan briefing di pagi hari, apa saja kegiatan yang perlu dilakukannya pada hari tersebut.

Kemudian ada juga Evening Briefing yang mana akan memberikan keterangan terkait beberapa pengingat, status kesehatan harian, cuaca besok, status baterai, dan lain sebagainya di malam hari. Tentu dengan demikian, pengguna bisa mempersiapkan diri untuk seperti apa besoknya.

  1. Opsi Layar yang Lebih Kaya

Samsung Galaxy Watch3 - Mystic Black - 3

Mungkin kalau perangkat sebelumnya cuman menampilkan notifikasi jika ada chat atau panggilan saja. Akan tetapi berkat layar yang lebih besar pada Galaxy Watch 3 ini, menjadikan pengguna bisa melihat foto profil, hingga membaca notifikasi langsung pada perangkat dengan mudah.

Bukan cuman itu saja, bahkan pengguna juga dapat membalas pesan yang diterimanya tanpa harus memegang Smartphone sekalipun. Selain itu, pengguna juga bisa membaca kembali pesan yang telah diterimanya di masa lampau.

  1. Ketahanan Baterai

Ketika dalam mode always on dinyalakan, maka Smartwatch ini diklaim bisa tahan hingga 2 hari. Sedangkan ketika fitur tersebut dimatikan, maka perangkat bisa tahan hingga dalam waktu 3 hari dengan pemakaian normal.

Dan untuk melakukan pengisian daya ulang, Smartwatch berikut bisa dilakukan pengisian ulang hanya dalam waktu 2 – 3 jam saja hingga penuh. Pengguna juga dapat menggunakan charger S atau Note series untuk mengisi smartwatch berikut.

Baca Juga: Samsung Siap Bikin Film 8K Pakai Samsung Galaxy S20 dan Note 20

  1. Ketahanan Luar Biasa

Sebenarnya sudah tidak masalah tanpa dilindungi oleh screen guard sekalipun, dikarenakan layarnya sudah dilindungi oleh Gorilla Glass DX. Dan sudah memenuhi standar militer, sehingga memiliki ketahanan terhadap goresan, jatuh ataupun air.

Smartwatch ini juga bisa digunakan untuk berenang dengan kedalaman 50 meter. Di laut juga bisa, asalkan setelahnya pengguna mencuci bersih jam tangan tersebut menggunakan air tawar (fresh) setelahnya agar tidak ada kadar garam tersisa di jam tersebut.

  1. Compatible dengan Semua Ponsel

Samsung Galaxy Watch 3 ini bisa dipasangkan dengan HP Android ataupun iPhone, dikarenakan memang aplikasinya sendiri sudah tersedia di Play Store ataupun App Store. Hanya saja ada beberapa fungsi yang tidak bisa berjalan dengan baik.

Misalnya saja seperti fitur smart reply, dimana ini hanya bisa dinikmati ketika pengguna mengaktifkannya pada HP Samsung saja. Dan beberapa fitur eksklusif lainnya, yang cuman bisa dilakukan antar perangkat buatan Samsung saja.

Untuk masalah harga Samsung Galaxy Watch 3 ini sendiri dibanderol senilai Rp 5.999.000,- dalam opsi warna Mystic Bronze dan Mystic Silver, dimana perangkat ini memiliki ukuran 41mm. Sedangkan untuk varian 45mm tersedia opsi warna Mystic Silver dan Mystic Black, dibanderol senilai Rp 6.299.000,-. Kemudian terakhir ada versi Titanium, yang dibanderol senilai Rp 8.499.000,-

Samsung Galaxy Watch 3 ini sekarang sudah tersedia di pasaran, secara online ataupun offline. Sekarang ini juga masih ada masa promo yang bisa didapatkan oleh setiap konsumen, seperti bonus beberapa aksesoris pelengkap lain, cashback, dan lain sebagainya. Promo ini berlaku hingga tanggal 11 Oktober 2020 mendatang.

baca juga: Samsung Galaxy S20 FE Resmi Dirilis, Layar 120Hz Rp 10 Juta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.