Apple Rancang Layar yang Bakal Bisa Memulihkan Diri Sendiri

0
2156
iPhone 12 Four Camera
Copyright ©BGR

Apple Ajukan Paten Layar yang Bisa Memulihkan Diri Sendiri

Oketekno – Tidak cuman mengurus perkembangan Smartphone terbaru saja, melainkan sang vendor juga tengah berfokus dalam pengembangan teknologi penyusunnya juga. Hal ini ditandakan dengan Apple yang belum lama ini telah mengajukan permohonan paten mengenai teknologi layar terbaru dengan kecanggihan luar biasa.

Dikarenakan dalam paten tersebut dikatakan kalau panel Smartphone ini bisa memulihkan diri sendiri, dan diduga kuat panel ini nantinya akan diterapkan pada iPhone layar lipat. Tentu saja perangkat ini nantinya akan sesuai dengan ponsel seperti itu.

Baca Juga: iPhone 12 Rilis Lebih Awal di Kandang Samsung?

Pasalnya Smartphone layar lipat ini sendiri akan mengundang debu dan juga kotoran lain terperangkap, sehingga ini nantinya bisa merusak layar. Dengan penggunaan panel seperti ini, menjadikan perangkat akan lebih tahan, dikarenakan kerusakan yang disebabkan oleh objek kecil seperti itu bisa dipulihkan kembali oleh layar, tanpa harus pengguna memperbaiki secara manual.

iPhone Layar Lipat
Copyright© Let’sGoDigital

“Selama pengoperasian perangkat, layar lipat mungkin tergores atau penyok. Untuk meningkatkan estetika perangkat, perlu diminimalkan adanya goresan, penyok, atau ketidaksempurnaan lainnya. Lapisan layar akan dibuat dari material yang dapat memulihkan diri sendiri,” begitulah keterangan yang disampaikan oleh Apple dalam pengajuan patennya tersebut.

Baca Juga: Belum Rilis, Sederet Aksesoris iPhone 12 Sudah Beredar di Indonesia

Dijelaskan juga pada paten ini kalau idealnya untuk sebuah perangkat layar lipat ini bisa melakukan perbaikan sendiri secara otomatis. Proses ini tentu saja akan dilakukan oleh sistem dan perangkat, ketika kondisi iPhone tidak tengah digunakan oleh pengguna, seperti pada saat melakukan charging atau di malam hari saat pengguna beristirahat.

Sebagaimana dilansir dari 9to5Mac, dikatakan kalau Apple memberikan gambaran kalau teknologi ini akan menggunakan panas sebagai media melakukan self-healing. Untuk lapisan luar layar nantinya akan menyertakan konduktor transparan dan akan membentuk lapisan pemanas di bagian luar layarnya.

“Lapisan ini dapat digunakan untuk menghasilkan panas guna merangsang pemulihan mandiri. Lapisan tersebut juga dapat digunakan untuk menghasilkan panas sebagai respons terhadap masukan pengguna, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya, atau saat perangkat elektronik diisi ulang baterainya,” penjelasan Apple lagi.

Dikarenakan masih dalam paten, menjadikan perusahaan Apple juga masih lama dalam menerapkannya secara nyata, apalagi meluncurkannya ke pasaran. Mengingat pesaing ketat Samsung ini sendiri juga jarang banget menawarkan teknologi terbarunya yang berasal dari paten dalam waktu singkat.

baca juga: Fortnite Diblokir Sepenuhnya di iPhone Lewat Update iOS 14

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.