Tips Smartphone Terhindar Virus, Yuk Coba!

0
1403
Tips Smartphone Terhindar Virus
Copyright ©DailyDot

Tips Aman Agar Smartphone Terhindar dari Virus!

OKETEKNO.COM – Perangkat smartphone saat ini memang banyak digunakan di berbagai kalangan baik kalangan atas hingga kalangan menengah kebawah. Banyak produsen smartphone yang merilis ponsel cerdas di berbagai segmen sehingga semua dapat merasakan ‘dunia dalam genggaman’ dalam layar mini di tangan mereka. Namun ada kalanya sebuah smartphone juga dapat terjangkiti virus layaknya komputer. Hanya saja anda tak perlu cemas karena kali ini kita akan membahas Tips Smartphone Terhindar Virus yang dapat anda coba jika memang ponsel anda terjangkit virus yang membuat kinerjanya lamban.

Memang bukan hanya menyerang perangkat komputer saja, namun virus maupun malicious software (malware) juga tak jarang menyerang perangkat ponsel cerdas. Sejumlah resiko dapat saja terjadi jika smartphone anda terkena virus atau malware mulai dari data-data yang tidak dapat dibuka dan diakases, data anda yang hilang bahkan hingga membuat smartphone android rusak. Lantas bagaimana cara smartphone terhindar virus ?

Baca Juga Tips Mudah Mengecek File Aplikasi Android Bebas Virus

Umumnya virus ataupun malware sendiri dapat masuk kedalam smartphone dengan memanfaatkan adanya celah pada OS (Operating System) di perangkat smartphone. Meskipun demikian sejatinya pengembang OS sendiri cukup sering memberikan update atau pembaharuan untuk meningkatkan sistem keamanan sistem operasinya. Namun tentu hal itu tidak akan cukup sehingga pengguna tetap perlu waspada dan hati-hati. Untuk itu, simak Tips Smartphone Terhindar Virus dibawah ini.

Tips Smartphone Terhindar Virus
Copyright ©DailyDot
  1. Jangan Install Aplikasi Sembarangan Kecuali dari Toko Aplikasi Resmi

Yang dapat anda lakukan agar smartphone kesayangan sobat terhindar dari virus adalah jangan pernah menunduh dan menginstall aplikasi pihak ketiga yang belum jelas sumbernya atau mengambil APK dari website. Hal tersebut lantaan file APK juga tidak jelas sumbernya bahkan sangat rentan terhadap virus yang mudah masuk ke perangkat anda jika anda sembarangan menginstallnya.

  1. Kroscek Nama Pengembang Aplikasi

Untuk diketahui, saat ini banyak aplikasi palsu yang bebas beredar di Google PlayStore. Contohnya saja belum lama ini game populer yakni Pokemon Go berhasil dipalsukan oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab. Nah, hal ini tentu dapat menjadi salah satu jalan virus menjangkiti smartphone kesayangan anda.

Untuk itulah cukup perlu anda kroscek dan perhatikan nama pengembang aplikasi atau developer aplikasi sebelum mulai mengunduh maupun menginstall aplikasi yang anda inginkan.

  1. Baca Review Aplikasi

Jangan malas membaca, apalagi bagi anda yang gemar mengunduh aplikasi dan game di PlayStore. Tips Smartphone Terhindar Virus, sebelum anda memutuskan mengunduh aplikasi ke smartphone, ada baiknya anda membaca review aplikasi tersebut dari pengguna lain yang telah mencobanya.

Baca Juga Tips Cegah Pencurian Password, Mau Coba ?

Pada kolom review aplikasi yang akan anda unduh tersebut, anda dapat membaca sejumlah pengalaman banyak orang yang telah mencoba aplikasi yang akan anda install itu. Nah, jika rating dan reviewnya jelek, tak perlu mengunduh aplikasi tersebut dan ada baiknya mencari aplikasi sejenis dari pengembang lainnya.

  1. Perbarui/Update OS Terbaru

Jika memang ada pembaharuan atau update sistem operasi, tak ada salahnya untuk memperbaharuinya. Pembaharuan OS biasanya memiliki beberapa fitur yang akan membuat smartphone anda aman dari gangguan virus atau malware. Untuk itulah anda harus mengudpate OS ke versi terbaru jika memang tersedia.

Copyright ©teknoharian
  1. Pasang Aplikasi Pengaman

Selanjutnya Tips Smartphone Terhindar Virus adalah anda dapat memasang aplikasi pengaman pada smartphone. Bukan hanya memiliki fitur keamanan namun aplikasi sejenis ini dapat menawarkan fitur backup data, clear cache hingga mengunci sejumlah aplikasi penting.

Bagaimana sobat, cukup mudah bukan Tips Smartphone Terhindar Virus sebelum smartphone anda benar-benar terjangkit dan diserang virus maupun malware. Untuk itulah mulai kini kita dapat berhati-hati dalam menginstall aplikasi pada smartphone demi keamanan smartphone kesayangan kita, bukan begitu sobat pembaca?

Baca Juga Tips Menjaga Keamanan Gadget Android Kamu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here