Tips Mengatasi Smartphone Cepat Panas Saat Sedang Digunakan

0
1474
Copyright ©Teknobos

Tips dan Trik Mengatasi Smartphone Cepat Panas Saat Digunakan!

OKETEKNO.COM – Memang saat ini hadirnya smartphone menjadi sebuah barang penting ang wajib kita miliki dan kita bawa kemana-mana. Bahkan tidak dapat dipungkiri kita sendiri sulit terlepas dari penggunaan ponsel cerdas secara berlebihan. Intensitas pemakaian smartphone yang cukup sering memang dapat membuat ponsel anda lebih cepat panas saat digunakan. Lantas bagaimana mengatasi smartphone cepat panas ketika dipakai ? Yuk simak tips dan triknya berikut ini.

Meningkatnya suhu pada smartphone atau overheating secara tiba-tiba memang dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Entah masalahnya ada ada jeroan yakni processor yang ‘dipaksa’ bekerja dengan lebih keras lantaran bermain game, melakukan pencarian sinyal maupun pemakaian charger pihak ketiga yang tidak diperhatikan kualitasnya oleh pengguna. Namun untuk mengatasi smartphone cepat panas dapat anda coba dengan beberapa cara yang akan kami ulas ini.

Baca Juga Tips Mengenali Smartphone yang Sudah Saatnya Diganti

Bagi sobat pembaca yang memang saat ini tengah mengalami masalah smartphone cepat panas saat dipergunakan, maka tak perlu cemas. Penting juga mengetahui penyebab smartphone cepat panas. Dengan demikian anda dapat lebih memperhatikan smartphone kesayangan anda. Berikut tips mengatasi smartphone cepat panas saat sedang digunakan dibawah ini.

Cara Mengatasi Smartphone Cepat Panas Ketika Digunakan

  1. Lepas Casing atau Cover Ponsel

Bagi sobat yang menambah aksesoris casing pada smartphone baik berupa softcase, hardcase maupun flip cover ada baiknya untuk tidak menggunakannya jika smartphone anda cepat panas. Meskipun casing tambahan tersebut sanggup memberikan perlindungan pada bodi ponsel dari benturan dan goresan namun nyatanya casing berjenis flip cover dapat ‘menjebak’ panas yang keluar dari bodi perangkat.

5 Case Unik Untuk iPhone Anda

Untuk itu Tips Mengatasi Smartphone Cepat Panas salah satunya dapat dengan melepas flip cover maupun casing lainnya yang menutup semua bodi smartphone anda. Simple kan ?

  1. Jangan Charge Smartphone Semalaman Penuh

Banyak para pengguna smarthone yang sering melakkan hal satu ini yakni mencharging smartphone semalaman selagi penggunanya tidur dan baru dilepas pagi hari saat terbangun. Hal ini perlu diperhatikan karena dapat mempengaruhi masa hidup dari baterai smartphone. Bukan hanya iu saja, hal ini juga dapat membuat ponsel anda akan lebih cepat panas.

charger smartphone
Copyright ©cerpen

Dan yang lebih parah lagi, smartphone yang dicharging atau diisi baterai semalaman hingga pagi hari memiliki potensi meledak dimana berbagai kasus telah sering terjadi di berbagai penjuru dunia.

  1. Tutup Aplikasi Tak Terpakai

Sebuah ponsel cerdas entah itu berbasis Android, Blackberry, iOS, Windows Phone dan lainnya memang kerap menjalankankan aplikasi di latar belakang sehingga diam-diam mampu menyedot daya baterai. Aplikasi-aplikasi seperti game dan sosial media sanggup menguras daya baterai serta membuat perangkat lebih cepat panas.

Snapchat
Copyright ©Snapchat

Tips Mengatasi Smartphone Cepat Panas untuk ini adalah dengan mengecek dan menghentikan aplikasi yang tidak dipakai dan berjalan di latar belakang. Pasalnya akumulasi aplikasi yang berjalan di background memerlukan tenaga CPU, GPU dan RAM lebih besar sehingga membuat smartphone lebih cepat panas.

  1. Gunakan Charger Original

Menggunakan charger bawaan ponsel yang original menjadi cara paling mudah untuk mengatasi smartphone cepat panas juga membuat perangkat anda lebih awet. Namun apa jadinya jika charger original smartphone rusak dan tidak dapat digunakan ? Banyak orang tentunya menggunakan charger pihak ketiga yang tentu tidak diketahui jelas asal usul serta kualitasnya. Hal itu dipilih sebagai solusi yang cepat dan tentu murah.

Cara Charger Smartphone yang Benar
Copyright ©coolpie

Tips Mengatasi Smartphone Cepat Panas , meskipun dilego dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga charger asli, namun kabek dan juga kepala charger dengan harga lebih murah ini dapat menjadi salah satu penyebab smartphone anda lebih cepat panas. Hal itu lantaran daya di charger pihak ketiga beda dengan daya di charger original.

  1. Hapus File-file Sampah

Tahukah anda semua file sampah, cache dan cookies yang telah lama bertumpuk pada smartphone dapat menjadi penyebab smartphone lebih cepat panas saat digunakan. Untuk itu cara mengatasinya anda dapat menghapus file sampah, cache dan cookies yang memang tidak diperlukan dan telah menumpuk secara rutin. Beberapa aplikasi dapat anda gunakan untuk membersihkan file sampah tersebut diantaranya Files Go, CCLeaner dan SD Maid.

clear cache 3
Copyright ©jalantikus

Demikian informasi mengenai Tips Mengatasi Smartphone Cepat Panas yang dapat saya bagikan kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda sekalian.

Baca Juga Tips Smartphone Terhindar Virus, Yuk Coba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here