Plagiat Snapchat, Facebook Usung Augmented Reality untuk Messenger!

0
1105
Fitur AR Facebook
Copyright©Facebook

Plagiat Snapchat, Facebook Usung Augmented Reality untuk Messenger!

Oketekno.com – Sebagai salah satu aplikasi media sosial berbagi foto terbesar yang kaya akan fitur menarik, Snapchat harus rela ‘kebobolan’ lagi. Yang mana diketahui salah satu fitur terbarunya di media sosial berbagi foto dan video instan tersebut kembali diplagiat oleh sosok media sosial raksasa Facebook.

Bukan untuk tambahan fitur Facebook sendiri, akan tetapi fitur tersebut akan disematkan pada aplikasi Messenger besutannya. Seperti pada aplikasi Snapchat, aplikasi FB Messenger diketahui juga meluncurkan fitur baru yang mengadopsi efek Augmented Reality (AR).

Simak Juga : Fitur Poke Facebook Akan Dihadirkan Lebih Kekinian, Seperti Apa?

Dengan adanya fitur tersebut, maka pengguna FB Messenger dapat menambahkan efek AR dengan berbagai macam objek yang realistis, seperti halnya animasi gambar hati atau beberapa animasi menarik lainnya dalam sebuah foto yang akan dikirim ke kontak pada aplikasi.

Fitur AR Facebook 2
Copyright©CNN

Walaupun tidak mengklaim fitur ini sama dengan Snapchat, tampak jelas sepertinya Facebook ingin bersaing dengan Snapchat dan menaklukannya berbekal beberapa fitur yang sudah ada lebih dulu di Snapchat.

Simak Juga : Cara Membuat Video Kenangan ‘Year in Review’ 2017 di Facebook!

Berbicara mengenai AR, Facebook memang mengembangkan fitur AR sendiri sebetulnya sudah diungkap sang CEO Mark Zuckerberg pada April lalu. Pada saat itu, bos FB yang mengisi sesi konferensi pengembang FB F8 di San Jose, Amerika Serikat, berkata ingin mengembangkan AR sebagai salah satu platform utama aplikasi besutannya, khususnya untuk kamera.

Pada saat itu, platform tersebut sudah diluncurkan dalam versi beta tertutup untuk sejumlah pengembang. Pria yang akrab disapa Zuck ini menuturkan, teknologi kamera berbasis AR tersebut akan mengubah cara pemakaian smartphone yang dikenal saat ini. Namun ia mengingatkan perubahan itu tak mungkin dilakukan secara tiba-tiba.

Lewat layanan tersebut, pengembang mampu menciptakan topeng animasi 3D dengan pelacakan wajah, integrasi data, menerjemahkan 3D, dukungan untuk kamera depan dan belakang, termasuk membaca gerakan perangkat.

Simak Juga : Cegah Penipuan, Ini 5 Cara Membedakan Akun Facebook Asli dan Palsu!

Sekedar untuk tambahan informasi, teknologi AR memang menjadi salah satu fokus pengembangan FB yang termasuk ke dalam roadmap perusahaan untuk 10 tahun ke depan. Roadmap itu disampaikan oleh Zuckerberg langsung pada awal 2016.

Selain teknologi AR dan virtual reality (VR), kecerdasan buatan juga menjadi perhatian khusus. Layanan lain seperti Messenger, Instagram, dan WhatsApp juga turut menjadi bagian utama dalam roadmap tersebut.

Baca Juga : Mirip Facebook Messenger, Fitur DM Instagram Bakal Jadi Aplikasi Chatting Terpisah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here