Peneliti Alibaba Temukan Cara Membobol iOS 11.2.1 di iPhone X!

0
769
iPhone x
Copyright ©Apple

Temukan Cara Membobol iOS 11.2.1 di iPhone X, Peneliti Alibaba Enggan Bocorkan!

Oketekno.com – Seperti yang diketahui, tim peneliti keamanan dari Alibaba menyebut bahwa mereka akhirnya berhasil dalam melakukan jailbreak pada iPhone X yang menggunakan sistem operasi iOS 11.2.1.

Di dalam sebuah blog post, tim peneliti itu pun menjelaskan bahwa pawa awalnya mereka berhasil membobol sistem iOS 11.2, akan tetapi dengan menggunakan metode yang sama juga bisa digunakan untuk melakukan jailbreak pada OS yang baru saja diluncurkan pada minggu lalu tersebut.

Head of Secure Pandora Labs, Alibaba, Song Yang menuturkan bahwa proses tersebut cukup sempurna dan berbeda dari metode jailbreak yang sudah mereka lakukan sebelum ini.

BACA JUGA: Bakal Meluncur, Oppo A83 Usung Layar Kekinian dan Seaman iPhone X?

Akan tetapi Pandora Labs tak punya rencana untuk menguak mteode yang mereka pakai ke masyarakat luas. Bahkan mereka juga tak akan memberikan informasi secara lengkap terkait tentang cara mereka saat melakukan metode tersebut.

Copyright ©iOS 11.2.1

Seperti yang telah disebutkan oleh 9to5Mac, Pandora Labs mengatakan bahwa apa yang mereka lakukan tujuan tak lain untuk melakukan riset keamanan.

BACA JUGA: Cara Download Wallpaper iPhone X Border dengan Animasi Unik!

Meski sistem operasi tersebut telah mencoba memperbaiki keamanannya, namun pihaknya mengkonfirmasi bahwa iOS baru ini masih bisa di bobol bahkan sejak hari pertama setelah dirilis. Meski pihaknya sukses melakukan jailbreak dengan sangat cepat, namun tetap hanya membatasi bahwa ini hanya tujuan riset keamanan.

“Meskipun iOS 11.2 telah memperbaiki sebagian masalah keamanan, kami telah mengonfirmasi bahwa iOS terbaru masih bisa di-jailbreak pada hari pertama ia dirilis. Walau kami berhasil melakukan jailbreak pada iOS cepat, kami tetap hanya membatasi ini pada tujuan riset keamanan, tim kami tidak akan menyediakan alat untuk melakukan jailbreak.”

Walaupun tidak ada informasi terkait detail cara melakukan metode tersebut, sepertinya metode yang digunakan oleh tim peneliti itu memanfaatkan celah buffer overlow pada memori, yang mendorong terjadinya kernel panic. Sayangnya hingga kini belum diketahui pihka lain bisa meniru metode ini atau tidak.

Kabar inii mencuat usai peneliti Google Project Zero lan Beer mengumumkan bahwa dia menemukan kelemahan kernel pada iOS 11.2.1 yang sangat memungkinkan dilakukan jailbreak pada sistem tersebut. Meski metode ini hanya bisa dilakukan pada versi lama, namun yang dilakukan oleh Alibaba menunjukkan bahwa mereka  juga bisa digunakan pada iOS baru.

BACA JUGA: Cara Menggunakan Apple Pay di iPhone X, Video Tutorial Resmi dari Apple!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here