WhatsApp Dilarang Berbagi Data Pengguna dengan Facebook, Ada Apa?

0
1828
WhatsApp Facebook
Copyright ©HackerDay

Alasan WhatsApp Dilarang Berbagi Informasi Pengguna dengan Facebook!

Oketekno.com – Aplikasi chating terbesar saat ini WhatsApp dengan jumlah pengguna paling banyak di dunia, baru baru ini mendapatkan perintah dari Commission nationale de l’informatique et des libertés (CNIL) Prancis agar tidak membagikan informasi data penggunanya dengan pihak media sosial saudaranya, yaitu Facebook. Untuk memenuhi permintaan tersebut, aplikasi chating besutan Mark Zuckerberg tersebut diberikan waktu selama 1 bulan.

Permintaan tersebut diketahui setelah adanya kebijakan baru dari WhatsApp untuk mengembangkan target iklan, tidakan pengamanan, dan juga pengumpulan basis intelejen. Langkah pengembangan tersebut dilakukan dengan membagikan data pengguna WA dengan FB.

Baca Juga : Work, Begini Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp yang Terhapus!

Setelah dilakukan klaim penyelidikan, CNIL akhirnya memutuskan agar pihak WA memperbaiki layanan keamanan pengguna serta bisnis intelejen yang tidak dapat disetujui. Bahkan ternyata pihak WA juga tidak pernah memberitahukan kepada penggunanya bahwa perusahan telah mengumpulkan data untuk bisnis intelejen dan tidak ada cara untuk menghentikannya tanpa membuang aplikasi.

WhatsApp Facebook
Copyright ©HackerDay

“Itu melanggar kebebasan fundamental pengguna,” kata CNIL dikutip dari The Verge, Selasa (19/12/2017).

Regulator di Eropa telah berusaha membuat kebijakan kepada FB pada tahun lalu, terutama soal pembagian data pengguna. Pada bulan Sepetember lalu, Jerman juga memerintahkan FB untuk berhenti membagikan data dari WA.

Selanjutnya di Inggris, FB setuju untuk berhenti mengumpulkan data pengguna WA pada bulan November tahun lalu. Kemudian pada bulan Mei tahun ini, FB dikenai denda USD122 juta oleh Uni Eropa lantaran telah memberikan “informasi yang menyesatkan” tentang akuisisi WA. Ketika itu perusahaan tersebut mengklaim bahwa mereka tidak dapat menghubungkan profil pengguna dari WA kepada FB.

Simak Juga : Begini Cara Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Diketahui Pengirim!

Sementara itu, belum lama ini, beredar kabar bahwa WA tak lama lagi akan menghentikan dukungannya untuk beberapa pengguna sistem operasi BlackBerry.

Penghentian dukungannya tersebut juga telah dikonfirmasi oleh perusahaan dan akan terjadi pada akhir Desember ini. Beberapa pengguna yang tak lagi mendapat dukungan WA yakni pengguna OS BlackBerry, BlackBerry 10, Windows Phone 8.0, dan OS yang lebih lawas, pada 31 Desember 2017.

Baca Juga : WhatsApp Tinggalkan Windows Phone? Kenapa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here