5 Tanda Browser Terserang Malware! Yuk Intip!

0
1686
Copyright©

Ini Dia 5 Tanda Browser Terserang Malware yang Bikin Kesel!

Oketekno.com – Virus atau Malware tak hanya menyerang program komputer atau perangkat lain, namun juga bisa meramban kemana-mana. Mungkin dari kalian bertanya-tanya bagaimana pengguna bisa mengetahui kalau web browser terserang virus.

Dan berikut ini adalah 5 tanda browser yang kamu gunakan terjangkit virus.

1.Laman Depan pada Browser Mendadak Berubah Jadi Situs Lain

Setiap web browser tentunya memiliki tampilan yang berbeda sesuai dengan penyediaannya. Semisal, ketika kamu membuka Google Chrome, maka pertama kali yang kamu lihat tak lain adalah halaman pencarian Google.

Akan tetapi jika ada virus yang menyerang, salah satu tandanya bisa jadi tampilannya akan berubah. Biasanya virus menyerang perambang ketika kamu melakukan aktivitas download atau berbagi files dari situs yang tidak bisa dipercaya.

BACA JUGA: 4 Malware yang Harus Diwaspadai di Tahun 2018!

2.Muncul Tab Baru Dalam Jumlah Banyak

Biasanya pengguna internet mencari banyak infirmasi melalui aplikasi browser yang mereka miliki. Mungkin dari kalian pernah mengalami ketika meng-klik  suatu gambar atau teks, dengan sendirinya mengarahkanmu ke sejumlah situs lain dan kemudian membuka beberapa tab secara masal.

Copyright©

Bisa jadi itu tanda Malware yang berusaha menyerang web browser kamu. Dan yang menjengkelkan lagi, link itu biasanya membuat pengguna mengunduh program atau aplikasi tanpa persetujuan kita.

BACA JUGA: Malware Pengintai Pengguna Android Ditemukan Google, Seperti Apa?

3.Situs Jadi Lemot

Ketika melakukan pencarian, terkadang loading website berjalan cukup lama. Namun jika koneksinya yang kurang lancar, hal itu memang sangat wajar. Tapi jika koneksinya lancar dan pencarian yang kamu lakukan berjalan lama, bisa jadi itu sebagai salah satu tanda.

4.Muncul Banyak Iklan Tak Beraturan

Iklan yang muncul pada web yang kita kunjungi memang sudah menjadi hal biasa. Sebab tak dapat dipungkiri kalau website tersebut mendapatkan keuntungan dari iklan yang muncul.

Sementara itu iklan palsu bisa berasal dari aplikasi advertising yang secara diam-diam, tanpa disadari oleh pengguna, yang sudah terinstal pada browser. Virus jenis ini biasa dikenal dengan nama Adware.

5.Sering Terjadi Crash

Crash terjadi ketika aplikasi yang berjalan tak sesuai dengan eksistensi atau plugin pada sistem browser. Namun hal dianggap tak wajar ketika browser mengalami crash saat membuka website atau blog ringan. Jika kamu merasakan lima tanda tersebut, sebenarnya bisa dilakukan pencegahan dengan mengunduh aplikasi anti Malware.

BACA JUGA:Kamu Harus Tau! Berikut 4 Cara Hindari Aplikasi Palsu yang Berisi Malware

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here