Keren, Google Bangun Jaringan Internet Lewat  Sinar Laser Berkecepatan 20 Gbps!

0
1058
Google
Copyright ©Ist

Wow, Google Sebarkan Internet Lewat Sinar Laser, Ini Kecepatanya!

Oketekno.comGoogle masih terus berinovasi dan berusaha untuk menyebarkan akses internet dengan kecepatan tinggi. Seperti yang diketahui bahwa selama ini, internet dengan kecepatan tinggi hanya bisa dilakukan melalui jaringan fiber optic yang mahal dan merepotkan.

Dari pihak Alphabet sendiri telah meresmikan kesepakatan dengan pemerintan India untuk mempercepat jaringan internet tanpa menggunkana kabel fiber optic alias wireless. Pihak mesin pencari ini pun akan mengganti kabel tersebut dengan teknologi optic laser yntuk meningkatkan kecepatan internet dengan menggunakan system koneksi point to point alias PTP.

Proyek ini pun ditargetkan untuk memenuhi kebutuhan akses internet cepat ke jutaan penduduk di Negara bagian Andhara Pradesh, India. Rencananya tim eksprimen yakni Google X akan memulai  proyek ini pada 2015 mendatang dengan memasang 2000 kotak optic yang dipasang dengan jarak tiap 20 kilometer.

Baca: Tenang! Browser Chrome Mulai Blokir Iklan Mengganggu Pada Februari 2018 Mendatang

Kotak-kotak optik laser yang saling terhubung itu akan menjadi backbone untuk menyalurkan koneksi Wi-Fi. Backbone merupakan saluran atau koneksi dengan kecepatan tinggi yang menjadi lintasan utama dalam sebuah jaringan.

Google
Copyright ©Google

Sederhananya, backbone berperan seperti ‘jalan tol’ sebuah jaringan agar penduduk bisa mengakses internet lebih cepat menggunakan smartphone sederhana. teknologi laser optik yang mampu mentransmisikan data melalui cahaya dengan kecepatan 20 gigabit per detik (20 Gbps).

Capaian ini diklaim melampaui kecepatan maksimal yang dihantarkan dengan gelombang radio tradisional.

“Bandwidth yang tersedia cukup bagi ribuan orang untuk berselancar (browsing) secara bersamaan melalui menara BTS yang sama”,Jelas Google X. Dirangkum dari BGR, Rabu (20/12/2017), proyek ini merupakan proyek ‘sempalan’ atau spinoff dari proyek Alphabet sebelumnya, yaitu Project Loon yang berupaya memberikan akses internet di wilayah terpencil dengan media balon udara.

Teknologi optical link di atas disebut bisa terhubung dengan balon-balon penyebar internet Google, namun Alphabet belum menjelaskan lebih rinci bagaimana pengaruhnya.

baca juga !

Cara Maksimalkan Google Chrome Biar Makin Kece di Android!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here