Tanpa Layanan Google, Inilah OS Android Buatan Sang Pencipta Linux!

1
1792
Eelo - OS Android
Copyright©Eelo

Inilah OS Android Buatan Sang Pencipta Linux yang Meluncur Tanpa Layanan Google!

Oketekno.com – Seiring kemajuan bidang perangkat lunak, kini telah hadir sistem operasi mobile baru yang bertajuk ‘Eelo’. Sistem operasi yang mirip dengan OS Android tersebut resmi diumukan oleh perusahaan start-up yang juga didirikan oleh sang pencipta Mandrake Linux, yaitu Gael Duval. Sekedar untuk diketahui, Mandrake Linux yang terkenal dengan sebutan sistem operasi alternatif Windows ini memang sempat menikmati popularitasnya pada akhir tahun 1990-an silam.

Pengembang asal Negara Prancis ini menegaskan bahwa mereka berinvestasi dalam sebuah projek yang memungkinkan para pengguna mendapatkan sebuah platform unik yang menjamin adanya privasi yang lebih besar dengan berani memutuskan ketergantungannya terhadap produk Google yang terkenal dengan sinkronisasi dengan OS Android.

Simak Juga : Cara Mengubah Tampilan Browser Firefox Android Biar Makin Kece

Seperti sudah banyak diketahui, produk raksasa mesin pencari raksasa asal Negeri Paman Sam itu selama ini kerap dijadikan alat untuk mengumpulkan statistik pengguna smartphone guna mendulang keuntungan iklan digital yang lebih dikenal dengan sebutan Google Ads. Melalui projek penggalangan dana (crowd source) yang berakhir pada tanggal 20 Januari mendatang, perusahaan bermaksud ingin menghimpun dana sebesar $30.000, atau lebih dari 400 juta rupiah.

Eeloo
Copyright©Eelo

Yang mana nantinya dana tersebut akan digunakan untuk mengembangkan ROM yang kemudian dapat dipasang (flashing) pada ponsel atau tablet dengan OS Android yang ada di pasaran. Bagi penyumbang dana terbesar mereka juga dapat meminta agar namanya dipajang pada tembok digital (digital wall) yang disiapkan.

Baca Juga : Sensasi Pakai Fitur-fitur Android Oreo Tanpa Harus Update!

Sebenarnya, proyek tersebut dimaksudkan untuk mengembangkan sebuah sistem operasi alternatif yang tidak menghendaki adanya campur tangan produk Google yang terlalu jauh yang dikatakan dapat mengganggu privasi dari para pengguna smartphone. Perusahaan bernama BlissLauncher 2 itu dikabarkan juga akan membuat layanan situs web alternatif yang akan menjadi penyedia solusi perangkat pintar pada pasaran.

OS Android tanpa Google tersebut diprediksi akan meluncur pada pertengahan tahun 2018, projek ini bahkan juga telah memamerkan purwarupa (prototype) dari platform anyar ini yang berjalan di atas smartphone LeEco Le2. Sementara itu, Anda yang berminat untuk ikut berkontribusi dalam aksi penggalangan dana dengan leluasa dipersilakan melakukannya dengan mengunjungi langsung tautan Kickstarter disini.

Baca Juga : 6 Smartphone Android Tercepat di Tahun 2017!

1 COMMENT

  1. Satu-satunya yang bisa disebut pencipta Linux cuma Linus Torvalds. Distribusi-distribusi paket Linux yang sangat banyak, salah satunya Mandrake Linux, hanyalah kompilasi dari kernel (maknai: jantung) Linux dengan aplikasi-aplikasi pendukungnya.

    Orang-orang yang mengkompilasi distribusi versi mereka masing-masing ini hanya bisa disebut pendiri distribusi tersebut, jauh dari makna “pencipta”.

    Dan di luar sana kami memaknai Linux seperti itu. Mohon perbaiki artikel anda.

    Terima kasih.

    Salam,
    Hermanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here