Ajukan Paten, Inikah Ponsel Lipat Microsoft yang Diduga Surface Phone?

0
1055
Copyright©WPO via Express

Surface Phone, Ponsel Lipat Microsoft Yang Telah Terdaftar Paten!

OKETEKNO.COM – Nampaknya para vendor smartphone berlomba-lomba mendaftarkan paten untuk smartphone berkonsep lipat yang tengah digarap. Meskipun belum dapat dipastikan akan terealisasi dalam sebuah smartphone di masa depan, namun paten tersebut telah diajukan. Belum lama ini berkas paten untuk ponsel lipat Microsoft diajukan oleh perusahaan yang berbasis di Amerika tersebut kepada World Intelectual Propeprty Organisation (WPO). Dari berkas paten tersebut terlihat skema smartphone dengan desain layar lipat yang diduga adalah Surface Phone.

Perangkat dengan layar lipat tersebut mengusung kode nama Andromeda dimana hadir dengan dua layar OLED yang terpisah. Kedua layar tersebut dapat digabungkan oleh sebuah engsel sehingga dapat terlipat. Dari dokumen paten tersebut dapat terlihat engsel yang akan diterapkan pada ponsel lipat Microsoft ini akan mengusung teknik penggabungan yang terbilang rumit.

Baca Juga Tablet Lipat Microsoft Tengah Digarap Usung Windows 10, Benarkah?

Perangkat ponsel lipat Microsoft dengan kode nama Andromeda ini sendiri kemungkinan akan menjadi perangkat yang dapat diubah modelnya menjadi beberapa konfigurasi seperti sebuah komputer hybrid 1-in-1. Pengguna perangkat ini dapat menggunakan mode datar, mode laptop maupun mode tent sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya.

Ponsel Lipat Microsoft yang Diduga Surface Phone
Copyright©WPO via Express

Sementara itu paten yang didaftarkan oleh perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini  juga mengungkapkan beberapa metode yang digunakan Microsoft.  Metode tersebut untuk memungkinkan tampilan menu pada kedua layar yang terpisah menjadi seolah-olah terlihat menyatu dalam layar lapang tanpa batas engsel.

Bukan hanya itu saja, dalam dokumen paten yang serupa, Ponsel Lipat Microsoft Andromeda ini sendiri juga akan didukung oleh konektor ‘Surlink’ dimana diduga merupakan port USB-TypeC yang juga dapat digunaka untuk mengisi daya baterai. Kendati demikian rumor perangkat layar lipat Microsoft sebelumnya, Andromeda ini bisa jadi merupakan kode nama untuk perangkat Surface Phone. Perangkat Microsoft Surface Phonse sendiri kabarnya memang tengah dipersiapkan akan hadir di masa mendatang.

Baca Juga Microsoft Surface Pro Varian LTE Advanced Segera Dirilis, Kapan Ya?

Beberapa rumor lainnya juga mengklaim bahwa perangkat Ponsel Lipat Microsoft ini akan hadir dengan dimotori sistem pengoperasian Windows 10 dimana chipsetnya memiliki arsitektur ARM. Bahkan spekulasi yang beredar di awal tahun 2017 sendiri mengunkap bahwa perangkat layar lipat ini kemungkinan besar akan meluncur di pasaran pada akhir tahun 2018 atau bahkan pada tahun 2019 mendatang.

Meskipun pendaftaran paten untuk Ponsel Lipat Microsoft ini seolah memperkuat dugaan kabar perangkat layar lipat tangguh Surface phone namun bukan jaminan teknologi tersebut akan terealisasi dalam waktu dekat. Untuk itulah kita nantikan saja perkembangan kabar terbarunya.

Baca Juga Microsoft Siap Luncurkan Aplikasi Transfer Foto di Android dan iOS!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here