Yey, Jaringan 5G Bisa Digunakan Tahun Depan Lho!

0
1099
Copyright ©recode

Tahun 2018 Pengguna Smartphone Rasakan Jaringan 5G!

Oketekno.com – Seperti yang diketahui, Jaringan 5G cukup lama jadi bahan perbincangan oleh berbagai pihak. Diklaim kalau teknologi tersebut akan menghadirkan jaringan yang lebih cepat dan efisien jika dibandingkan dengan 4G yang saat ini banyak dinikmati oleh pengguna Smartphone.

Dikarkan 5G tengah mamasuki tahap selanjutnya di mana 3rd Generation Partnership Project (3GPP), yang merupakan organisasi yang mengatur standar seluler telah menandatangani spesifikasi pertama untuk jaringan tersebut.  Hal berlangsung di sebuah pertemuan yang diselenggarakan di Lisbon Portugal, seperti yang dilansir oleh Fierce Wireless.

Tentunya ini akan menjadi sbeuah kemajuan yang sangat berarti dalam pengembangan komersialisasi 5G yang sudah dinantikan oleh pengguna ponsel cerdas. Seperti yang diharapkan oleh banyak pihak, spesifikasi jaringan akan meliputi spectrum  frekuensi rendah mulaidari 600 dan 700 MHz hingga spectrum tinggi yakni sebesar 50 GHz.

BACA JUGA: Berikut Cara Mengurangi Radiasi Smartphone!

Sementara itu rincian terkait hadirnya jaringan itu sendiri rencananya akan segera di umumkan pada publik di akhir pekan ini, seperti yang dilansir oleh The Verge pada hari Selasa, 26 Desember 2017 kemarin.

Copyright ©Lintang

Usai standar Jaringan 5G telah resmi disepakati, pengembangan jaringan itu kemudian akan berada di tangan operator dan juga perusahaan yang memproduksi hardware.

BACA JUGA: 5 Smartphone Layar 6 Inci Bisa Kamu Dapatkan Mulai 900 Ribuan!

Sejumlah operator seluler juga sudah menyiapkan diri dalam menyambut 5G. Bahkan T-Mobile dan juga Verizion telah menjanjinkan untuk menghadirkan jaringan ini pada tahun 2018 dan 2019 mendatang.

Namun tak usah khawatir, lantaran beberapa operator di Tanah Air pun  juga sudah menyiapkan diri dalam menyambut kedatangan jaringan itu. Dalam penyambutannya, operator tentunya akan melakukan berbagai uji coba. Dalam artian, jaringan yang akan memungkinkan pengguna berselancar lebih cepat di internet itu akan segera terwujud.

Sementara itu CEO Qualcomm, Steven Mollenkopf mengatakan bahwa smartphone 5G akan tersedia secara komersial pada tahun 2019. Ia mengungkap bahwa permintaan akan semakin melonjak, Tak hanya itu saja, dari sisi bisnis turut mendorong percepatan pengembangan ponsel sebelum tahun 2020.

Ia menambahkan, bahwa sudah ada beberapa operator jaringan di Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan yang tengah menyiapkan perilisan Jaringan 5G di tahun 2-19 mendatang. Kemungkinan besar mereka juga akan bergabung dengan operator China.

BACA JUGA: Segudang Harapan Milenial Terkait Kehadiran Internet 5G di Tahun 2021 Mendatang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here