Berseteru dengan Qualcomm, Apple Beralih ke MediaTek?

0
745
Copyright©Cnet

Perseteruan Berujung Pada Apple Untuk Pindah ke MediaTek!

Oketekno.com – Seperti yang diteketahui, pertarungan hukum antara Apple dengan Qualcomm bukannya mereda tapi malah semakin memanas. Belum lama ini perusahaan asal Amerika Serikat itu dikabarkan tertarik untuk menggunakan modem besutan dari MediaTek.

Kabarnya perusahaan akan menggunakan modem buatan MediaTek untuk dipasangkan pada iPhone yang akan diluncurkan di tahun 2018 mendatang.

Seperti yang dilansisir oleh DigiTimes, saat ini perusahaan tengah sibuk mencari perusahaan yang dianggap mampu memenuhi permintaan mereka usai memindahkan setengah permintaan ke Intel dari Qualcomm.

BACA JUGA: Harga iPhone X Bakal Diturunkan Apple?

Laporan itu dikutip dari seorang narasumber yang tak diketahui namanya. Dalam laporannya itu dikatakan bahwa MediaTek punya kemampuan logisti dan teknologi yang memadai serta harga yang sesuai untuk menyuplai model untuk iPhone pada Apple.

Hal itu berarti, menurut laporan dari 9to5Mac, MediaTek sendiri akan menjadi penyuplai modem untuk iPhone selain intel. Disatu sisi para pengamat industri mengatakan bahwa merupakan perusahaan asal Taiwan yang memproduksi berbagai produk semikonduktor berfitur tinggi dengan harga yang terjangkau itu, mampu memenuhi tiga kriteria dalam menentukan penyuplai solusi chip untuk sejumlah lini produk yang mereka miliki.

BACA JUGA: Aplikasi Google Maps Diklaim Lebih Akurat Dibanding Apple Maps, Ini Buktinya!

Dari tiga kriteria itu antara lain kemampuan teknologi kempetitif, rencana produk yang komprehensif, dan juga dukungan logistik yang memenuh ketentuan.

Selain itu, kerja sama yang terjalin anatra Apple dengan MediaTek bisa mencangkup lebih dari sekedar modem. Bukan tanpa alasan, sebab MediaTek merupakan penyuplai pemimpin untuk smart speaker dan perangkat wireless charging.

Rupanya laporan ini semakin memperkuat laporan The Wall Street Journal, yang membahas bagaimana perusahaan asal Negeri Paman Sam itu berusaha mengganti Qualcomm dengan Intel dan MediaTek. Namun sayangnya yang terjadi sekarang ini tidak lebih dari sekedar rumor saja.

Seperti yang diketahui, perseteruan ini mulai terjadi usai Apple resmi layangkan gugatan hukum atas pabrikan yang memprosuksi Snapdragon tersebut. Perusahaan Amerika Serikat itu menuding bahwa Qualcomm telah menarik biaya lisensi yang terlal tinggi untuk sejumlah teknologi yang dipakai pad iPhone.

Tak mau tinggak diam, akhirnya Qualcomm lantas balik menyerang dengan menuduh Apple telah melanggar hak patennya dan berupaya memblokir penjualan iPhone di China dan juga Amerika Serikat.

BACA JUGA: Waduh, Langkah Apple Bikin Lemot iPhone Malah Berujung di Pengadilan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here