Charger Smartphone Pakai Urine Akan Jadi Kenyataan!

0
437
Charger Smartphone Pakai Urine
Copyright ©Mirror

Sempat Dianggap Mustahil, Charger Smartphone Pakai Urine Segera Jadi Kenyataan!

Oketekno.com – Mengisi daya dengan power bank atau tenaga surya mungkin sudah banyak kita jumpai, akan tetapi salah satu metode pengisian daya smarthpne yang kini tengah dilakukan adalah dengan menggunakan media urine. Ya, memang bisa dibilang menjijikkan dan tidak pantas, tapi teknologi tersebut ternyata sudah dirampungkan dan bakal segera menjadi kenyataan charger smartphone pakai urine.

Teknologi yang diprakarsai ilmuwan Inggris ini menciptakan sebuah penemuan yang dapat mengisi baterai smartphone dari urine manusia. Seperti yang dikukutip dari laman Mirror, Kamis (28/12/2017), mereka memanfaatkan teknologi sel microbial fuel dari urine yang dapat mengisi baterai smartphone, sama halnya dengan menggunakan kabel charger dengan aliran daya listrik.

Simak Juga : Kuku Jari Gantikan Peran Smartphone Di Tahun 2049!

“Setiap 600ml urine mampu membuat smartphone dapat menelepon paling lama hingga tiga jam,” ungkap Lonannis Leropoulos, pemimpin tim ilmuwan tersebut.

Charger Smartphone Pakai Urine
Copyright ©Mirror

Lonannis yakin bahwa timnya menjadi yang pertama mengembangkan teknologi charger smartphone pakai urine ini. Lonannis mengungkapkan, “Saat ini kami tengah mengembangkan inovasi tersebut di University of the West of England di Bristol.”

“Di masa lalu sel microbial fuel sebetulnya sudah diklaim dapat mengisi baterai ponsel, tapi belum ada bukti. Kini kami akan memperlihatkan sel tersebut benar-benar bisa dimanfaatkan untuk mengisi baterai perangkat teknologi,” ungkap Lonannis melanjutkan penjelasannya.

Kata Lonannis, urine tersebut nantinya bisa disimpan dalam sebuah perangkat seperti power bank, atau mungkin bisa langsung dihubungkan via kabel ke smartphone untuk mengisi daya tahan baterai.

Baca Juga : Inilah 5 Smartphone Terbaik untuk Main Mobile Legends, Dijamin Anti Lag!

“Ini merupakan studi jangka panjang. Kami tengah menguji sistem energy-harvesting dari sel microbial fuel dan butuh waktu lama. Bisa bertahun-tahun. Jadi bisa dibilang kami menciptakan ‘bekal’ untuk masa depan” tambah Lonannis.

Sel tersebut dinilai juga termasuk ke dalam sumber energi terbaru, dan tentunya dengan keunggulan lebih murah dibandingkan platinum yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar alat pengisian baterai.

Bukan hanya charger smartphone pakai urine, ternyata air laut juga bisa menjadi media untuk mengisi daya smartphone. Alasannya fleksibel, baterai akan mengusung bentuk yang mirip kertas. Tanpa merusak performanya, ilmuwan pengembang baterai itu bahkan mengklaim baterai bisa dilipat lebih ringkas.

Baca Juga : 5 Smartphone Murah RAM 3GB, Harganya Cuma Rp2 Jutaan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here