Ups, Usia 16-20 Tahun Rentan Terkena Selfitis?

0
1566
Selfie
Copyright ©Livesmartly

Usia 16-20 Tahun Rentan Terkena Selfitis, Kok Bisa?

Oketekno.com –  Awalnya, kata ‘Selfitis’ hanya digunakan dalam sebuah berita palsu. Akan tetapi hal tersebut tak menghentikan para psikolog untuk melakukan penelitian guna membuktikan apakah seseorang memang mungkin tersobsesi dengan mengambil foto Selfie.

Beberapa psikolog psikologis dari Nottingham Trent University dan Thiagarajar School of Management, baru-baru ini mengkonfirmasikan bahwa sefitis memang benar-benar nyata. Rupanya ini merupakan sebuah gangguan mental yang membuat seseorang terobsesi untuk melakukan hal tersebut.

Laporan terkait hal itupun di unggah ke Internasional Journal of Mental Health Addiction. Menurut pendapat dari para peneliti, orang yang mengalami hal itu, biasanya menggunakan Sefie tak lain untuk meningkatkan rasa percaya diri.

BACA JUGA: Inilah 5 Game Balapan Android yang Unik dan Aneh Tapi Seru Abis!

Tak hanya itu saja, rupanya sebagian orang punya motivasi lain seperti kompetisi sosial atau mengikuti trend. Para peneliti itupun menyebutkan bahwa mengambil foto dengan menggunakan kamera depan bisa menjadi sebuah kebiasaan atau kecanduan yang menjadi tanda akan masalah kesehatan mental yang lainnya seperti rendah diri.

Selfie
Copyright ©Livesmartly

Selain itu, Digital Trends  pun juga melaporkan bahwa para peneliti telah mempelajari sebanyak 200 orang di negara yang mempunayi tingkat kematian paling tinggi akibat hal itu yakni di India. Dalam penelitiannya tersebut, mengambil Selfie terus menerus dikaitkan pada enam alasan, mulai dari mencari perhatian hingga ingin berusaha memperlihatkan kenangan indah.

BACA JUGA: Bitcoin Ternyata Tidak Ada Harganya di Dunia Nyata, Kok Bisa?

34 persen peserta studi mengidap selfitis ringan, sedangkan untuk 40,5 persen lainnya dinyatakan akut, dan sisanya dinyatakan kronis. Mengejutkan, obsesi untuk mengambil selfie lebih banyak diidap pria yakni 57,5 persen,  dan wanita hanya 42,5 persen.

Ternyata, orang-orang yang rentang umur 16 hingga 20 tahun, mereka adalah yang paling rentan mengidap gangguan tersebut. Sebanyak 9 persen telah mengambil lebih dari 8 selfie setiap harinya, dan 25 persen kerap membagikan foto di media sosialnya.

Selain itu, para peneliti menyebutkan, riset yang dilakukan untuk mengetahui hubungan antara umur dan tempat tinggal dengan kerentanan untuk megidap selfitis.

“Biasanya, orang-orang yang rendah diri dan berusaha untuk ‘menyesuaikan diri’ dengan orang-orang di sekitar mereka dan mungkin menunjukkan gejala serupa dengan kecanduan lainnya,” Ungkap Dr. Janarthanan Balakrishnan, seperti yang dilansir New York Post.

BACA JUGA: Cara Menggunakan e-Money dengan Cerdas Demi Cegah Penipuan Online!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here