Ini Dia Evolusi Smartphone, Semakin Canggih Justru Makin Bosan?

0
1606
Copyright ©Metro

2018 Akan Menjadi Tahun Dimana Teknologi Makin Canggih Lho!

Oketekno.com – Sepanjang tahun 2017 ini, sepertinya menjadi sebuah memomentum produsen dalam menghadirkan Smartphone dengan berbagai aspek tinggi. Sebelumnya para konsumen selalu disuguhkan dengan daftar komponen yang terpasang seperti prosesor, resolusi layar, hingga RAM.

Bahkan kini spesifikasi yang menarik menjadi hal wajib, dan mereka mencoba untuk melihat potensi lain. Berikut ini merupakan teknologi yang sudah ada di ponsel masa kini dan menjadi prediksi fitur eksklusif untuk tahun 2018 mendatang.

BACA JUGA: Cara Membuat Password Smartphone Paling Aman Dengan Waktu

Tren tahun 2017

1.Bezel less

Awalnya Xiaomi mendapat julukan sebagai Apple dan Tiongkok. Pada awalnya, ponsel besutan perusahaan itu memang punya desain begitu mirip dengan iPhone. Namun seiring dengan berjalannya waktu, perusahaan sudah tak lagi mengikuti perusahaan produsen yang lain.

Xiaomi memulai tren bezel tipis dengan merilis Mi Mix pada akhir tahun lalu, diikuti dengan Mi Mix 2 tahun ini. Sejak saat itu, para manufaktur seolah-olah punya inisiatif untuk membuat perangkat dengan desain bezel atau bingkai setipis mungkin. Akibatnya, tahun ini, layar dengan rasio 18:9 juga mulai populer.

BACA JUGA: Cara Uninstall Aplikasi Bawaan Alias Bloatware di Smartphone

2.Kamera Ganda

Di tahun 2016 silam, setidaknya ada tida ponsel cerdas yang hadir dengan dibekali dua kamera belakang yakni iPhone 7 Plus, LG V20dan Huawei Mate 9. Bahkan tren kamera ganda masih terus berlaku hingga saat ini. Hanya saja, tahun ini, fitur kamera ganda tidak hanya dapat ditemukan pada smartphone premium, tapi juga pada smartphone kelas menengah. Selain itu, kamera ganda tidak selalu diletakkan pada bagian belakang, tapi banyak vendor yang mulai menerapkan kamera ganda di bagian depan.

Copyright ©SAUCEink

3.Selfie

Sepanjang tahun ini banyak vendor yang fokus pada kamera depan sebut saja Oppo dan Vivo. Bukan tanpa alasan, tentunya perusahaan ini agar pengguna merasa puas dengan hasil foto selfi mereka.

Prediksi 2018

Untuk menyambut tahun 2018, banyak prediksi menyebutkan kalau ponsel cerdas akan mengalami perkembangan teknologi makin pesat. Dan inilah deretan teknologi yang diprediksi akan jadi trend di tahu depan.

1.Augmented Reality dan Virtual Reality

Kehadiran tren teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) juga didukung oleh pengembangan sejumlah komponen seperti kamera, kecepatan performa dukungan sensor dan prosesor, hingga desain yang diusung.

2.Kecerdasan Buatan (Al)

Teknologi ini dianggap sebuah teknologi yang sangat canggih dan bahkan sulit untuk diwujudkan. Namun keberadaan Siri sebagai sebagai asisten virtual pada smartphone buatan Apple atau Google Assistant untuk Android menjadi bukti nyata.

3.Fingerprint di Layar

Teknologi ini dihadirkan tak lain untuk memudahkan pengguna. Rupanya hal ini akan mendorong sejumlah vendor Smartphone untuk menyematkan dukungan fitur keamanan di perangkatnya.

BACA JUGA: Ini Dia, 5 Cara Cek Smartphone Samsung Asli Atau Palsu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here