Keren, China Jadikan WeChat ID Sebagai KTP Digital Lho!      

0
827
Copyright ©medium

Begini Fungsi WeChat ID yang Digunakan Sebagai KTP Digital!

Oketekno.com – Rupanya China bekerjasama dengan perusahaan teknologi Tencent merilis sistem identitas digital menggunakan aplikasi WeChat yang bernama WeChat ID. Aplikasi ini punya fungsi seperti KTP digital yang dimanfaatkan untuk administrasi di China yang sudah diakui oleh Kementrian Keamanan Publik China.

Peresmian ini dilakukan dalam upacara yang dihelat di Guangzhou, ibu kota provinsi Guangdong pada hari Senin, 25 Desember 2017 lalu. Saat ini aplikasi itu baru dilakukan uji coba di Guangzhou, dan rencananya akan digunakan di seluruh kota pada bulan Januari 2018 mendatang.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan aktivitas identitas, seperti halnya pemesananan hotel atau tiket, hingga layanan jasa perbankan dan penggunaan jasa pengiriman.

BACA JUGA: Cara Uninstall Aplikasi Bawaan Alias Bloatware di Smartphone

Ternyata yang digunakan ada dua versi yaitu lightweight version. Versi ini dipakai untuk aktivitas sederhana misalnya mendaftar ke warnet. Sementara itu untuk yang upgrade version, digunakan untuk melakukan autentifikasi identistas lebih aman, layakya transaksi bisnis.

Copyright ©kompas

Jadi, seandainya ada masyarakat yang ingin melakukan registrasi tak perlu menunjukkan KTP. “Tidak perlu menunjukan KTP ketika melakukan registrasi komersil dan industri, karena WeChat ID sudah cukup”, Kata seorang perwakilan pusat pelayanan adminitrasi distrik Nansha di Guangzhou, seperti yang dilansir oleh China Daily, pada hari Jumat, 29 Desember 2017 kemarin.

BACA JUGA: Aplikasi Edit Foto untuk Android, iOS, Windows Terbaik

Disatu sisi pihak kepolisian sendiri menegaskan bahwa KTP digital sangatlah membantu lantaran mudah, akurat, dan yang paling penting aman ketika digunakan sebagai informasi. Lantaran terkoneksi dengan wajah, sidik jari, dan juga chip KTP fisik, besar kemungkinan tidak mungkin di palsukan.

“Terkoneksi dengan wajah pengguna, sidik jari, dan chip KTP fisik, membuatnya hampir tidak mungkin untuk dipalsukan”, Ungkap pihak kepolisian belum lama ini.

Hal yang paling menarik tak lain adalah aplikasi ini diklaim akan membantu mencegah pencurian identitas secara online. Sebab, teknologi pengenalan wajah hanya digunakan untuk memverifikasi identitas pemohon sebelum KTP mereka mendapat persetujuan.

WeChat ID bukan platform aplikasi mobile pertama yan dijadikan sebagai KTP digital. Pasalnya, dulu Alipay yang merupakan sebuah sistem platform pembayaran online, juga membuat sistem yang sama, pihaknya terikat kerja sama dengan Kantor Keamanan Publik Daerah Wuhan di Provinsi Hubei.

BACA JUGA: Inilah 3 Aplikasi Karaoke Android Terbaik dan Terpopuler!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here