Waduh, Software Alphonso Bisa Pantau Tayangan Televisi?

0
772
Copyright ©metro

Software Alphonso Bisa Pantau Tayangan Televisi? Simak Yuk!

Oketekno.com – Kabar mengenai sebuah aplikasi di Smartphone yang bisa mengetahui semua aktivitas si pengguna meski perangkat mereka tak digunakan, memang bukan hal baru lagi.

Seperti yang dilaporkan oleh Tech Crunch, rupanya ada juga game yang secara diam-diam mampu mendengarkan aktivitas yang kamu lakukan. Hal tersebut pertama kali ditemukan oleh New York Times pada 250 game mobile yang menggunakan software Alphonso.

Seperti yang diketahui, software ini memanfaatkan game untuk menyadap mikrofon dari sebuah ponsel cerdas milikmu. Tak hanya itu saja, perangkat lunak ini juga bisa digunakan untuk mendengarkan tayangan televisi yang sedang kamu tonton.

BACA JUGA: Berikut Ciri-ciri Akun Facebook Sedang Diretas Seseorang!

Suara yang keluar dari televisi itulah yang nantinya akan dijadikan data oleh perusahaan Alphonso. Dan setelah itu akan dilakukan riset terhadap kebiasaan orang yang sedang menyaksikan televisi. Nantinya data yang didapatka dari software tersebut kemudian akan dijual kepada sejumlah perusahaan iklan.

Copyright ©metro

Dan tentu saja hal ini dianggap melanggar privasi. Sementara itu peruahaan pemantau aplikasi yang bernama Apptopia. Baru-baru ini mereka memastikan ada 106 APK di Google Play Store dan sebanyak 24 APK di App Store yang terbukti secara jelas menggunakan software Alphonso di dalam aplikasinya.

BACA JUGA: Tips Bikin Android Jadi Detektor Canggih, Bisa Deteksi Maling Lho!

Kendati demikian, Ashish Chordua yang merupakan pimpinan dari perusahaan tersebut, enggan mejelaskan secara detail mengenai terkait aplikasi yang menggunakan software buatannya. Ashish hanya menyebutkan angka kasarnya yang mencapai 1.000 aplikasi mulai dari game hingga media sosial.

Usut punya usut, di tahun lalu, Komisi Perdagangan Amerika Serikat juga menemukan kasus yag serupa, melalui software Silverpush. Telah dijelaskan bahwa teknologi tersebut menggunakan mikrofon untuk menangkap sinyal tertentu dari sebuah tayangan dan iklan yang muncul di televisi.

Sinyal audio ini tidak akan bisa diketahui oleh manusia, dan sinyal tersebut akan mengirimkan data-data terkait tayangan atau iklan yang didengar ke pengguna Silverpush. Bahkan, software ini juga akan membaca lokasi korbannya. Dengan begitu, mereka mendapatkan data yang cukup penting untuk dijual ke perusahaan iklan.

Hingga saat ini Software Alphonso belum mendapatkan teguran yang sama dari Komisi Perdagangan Amerika Serikat. Dari penyelidikan New York Times, cara kerjanya tak jauh berbeda di Silverpush.

BACA JUGA: Berikut Deretan Smartphone yang Bakal Adopsi Chip Snapdragon 845

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here