5 Cara Perbaiki Keyboard Yang Tidak Berfungsi

0
645
Keyboard
Copyright©jualbelilaptop

Keyboard Bemasalah Atau Rusak, Ini 5 Cara Mengatasinya!

Oketekno.com – Salah satu momok yang kerap kali ditakutkan oleh pengguna laptop yakni saat bagian keyboard tak berfungsi. Tentu saja hal ini akan menghambat pekerjaan dan akan menimbulkan frustasi.

Maka perlu dengan itu perlu diketahui cara memperbaiki keyboard. Bagaimanapun keyboard merupakan salah satu hardware yang mempunyai peran sentral. Namun bagian ini juga menjadi bagian laptop yang paling rentan rusak karena seringnya digunakan.

Jika ada beberapa tombol keyboard di laptop yang tidak berfungsi, bisa jadi itu karena adanya masalah sofware dan hardware. Lalu jika mengalami masalah tersebut apa yang harus dilakukan selajutnya?

Berikut ini cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi atau rusak :

1. Bersihkan Keyboard
Jika Anda mendapati satu atau dua tombol keyboard tidak bekerja, namun tombol lainnya normal kemungkinan keyboard kotor atau terhambat debu yang menumpuk. Guna menyingkirkan debu itu Anda bisa memiringkan laptop pada sudut 75 drajat dan goyangkan laptop. Cara memperbaiki keyboard lain Anda juga bisa memiringkan hingga sudut 90 drajat, namun pastikan terlebih dulu laptop sudah dinonaktifkan. Jika sudah bersihkan bagian bawah dan atas keyboard dengan selotip serta periksa tombol apakah sudah bekerja atau belum.

Keyboard
Copyright©site tittle

2. Restore Windows
Jika keyboard berhenti bekerja setelah melakuan instalasi aplikasi baru coba restore Windows. Caranya Klik Sart menu – klik control panel – pilih menu system and security dan pilih back up your computer. Selanjutnya akan muncul halaman berikutnya Anda bisa klik recorvery system setting our your computer lalu klik open system restore.

3. Restart Laptop
Jika keyboard tak bisa bekerja seperti biasa, coba restart windows. Dengan ini kemungkinan besar akan memecahkan masalah dan jika tak bisa melakukan restart dari menu start, bisa dengan menahan tombol power selama 5 detik atau maksimum 15 detik.

4. perbaiki Drive Keyboard
Masalah pada keyboard biasanya karena drive keyboard tak up-to-date. Dengan demikian Anda bisa memastikan dan memeriksa apakah drive keyboard bekerja dengan baik atau tidak melalui device manager. Caranya klik menu start – pilih control panel- klik sytem and security dan pilih device manager. Selanjutnya Anda akan menemukan drive untuk semua hardware yang ada di laptop, lalu pilih keyboard. Jika ada segitiga kuning diatasnya tanda seru maka ada masalah dan sebaiknya Anda update drive keyboard. Updtae bisa dengan mengunduh di website resmi produsen laptop dan cari drive terbaru yang cocok dengan perangkat lalu install.

5. Bawa ke Service Laptop
Jika semua cara memperbaiki keyboard tak berhasil, kemungkinan besar ada masalah di hardware. Untuk mengatasinya Anda bisa datang ke tempat service resmi. Masalah yang biasa muncul yakni ada di kawat kecil seperti kabel pita yang terputus, namun masalah itu dapat dengan mudah diperbaiki.

Baca juga : 10 Cara Mengatasi Masalah Aplikasi WhatsApp!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here