Asik. . Jaringan 5G Akan Meluncur Tahun Ini!

0
1611
Jaringan-5G-
Copyright ©baliberkarya

Jaringan Super Cepat 5G Siap Hadir Tahun 2018

Oketekno.com – Dikabarkan beberapa waktu terakhir jika standart hardware baru untuk jaringan 5G telah diputuskan. Beberapa operator pun dilaporka muai berlomba untuk mennggunakana pada smartfone mereka.

Salah satu operator yang dikabarakan akan menggunakan jaringan ini pertama kali ialah AT&T. Operator tersebut diketahui berasal dari Amerika Serikat dan dilaporkan berencana akan segra meluncurkannya tahun ini.

AT &T dikabarakan akan meluncurkan jaringan 5G untuk kebutuhan mobile pada akhir tahun 2018. Jaringan ini diperkirakan akan tersedia untuk pengguna di 12 kota di Amerika Serikat. Akan tetapi operator tersebut belum mengungkap kota mana saja yang nantinya akan mengadopsi internet berkecepatan tinggi itu.

Baca juga :  Samsung Kerjasama Dengan Operator Hadirkan Jaringan 5G, Benarkah?

Ada kemungkinan, operator tersebut masih menantikan spesifikasi standart industri yang baru. Sedangkan cukup diketahui sebelumnya, AT&T telah memperkenalkan jaringan generasi selanjutnya yakni bernama ‘5G Evolution’.

jaringan-5g
Copyright ©liputan6

Meskipun belum memanfaatkan 5G namun layanan ini telah tersedia di 23 daerah ubran dan direncanakan masih akan bertambah di tahun 2018. AT&T sendiri bukan satu-satunya operator Amerika Serikat yang telah bersiap menyambut 5G.

Terdapat sejumlah operator lainnya seperti Sprint yang disebut-sebut telah berkomitmen untuk menggelar 5G pada tahun 2019 mendatang. Kemudian ada lagi operator T-Mobile yang juga berencana akan memberikan jaringan super cepat pada operatornya pada tahun 2020.

Selian dua operator tersebut juga ada operator Verzion yang bahkan sudah melakukan uji coba jaringan 5G beberapa waktu lalu. Disamping kabar ini belum dapat dipastikan siapa yang akan mengadopsi jaringan ini untuk pertama kalinya. Namun yang jelas kehadiran 5G untuk konsumen akan dipastikan meluncur dalam waktu dekat.

Standart hardware baru untuk 5G sendiri sudah diputuskan oleh para anggota 3rd Generation Partnership Project (3GPP). Mereka berencana akan melakukan debut pada awal tahun ini dan persetujuan atas spesifkasi Non-Stadalone (NSA) 5G New Radio (NR) ini mebuka pintu untuk banyak pihak.

Baca juga : Kecepatan Jaringan 5G Mampu Hingga 20 Gbps

Para pelaku industri kini bisa mengetahui apa yang harus mereka perbuat guna memenuhi spesifikasi para manufaktur. Spesifikasi tersebut akan berisi terkait 5G termasuk terkait dukungan spektrum frekuensi rendah 600 MHz da 700 MHz), menengah 3,5 GHz dan tinggi 50 GHz.

Sementara itu salah satu perusahaan yang mendorong adanya jaringan 5G ini ialah Qualcomm. Perusahaan ini bahkan telah memamerkan desain smartphone 5G perdanananya. Meskipun belum resmi setidaknya memberikan gambaran jika smartphone akan mengikuti tren yang tengah populer dalam kurun waktu dua tahun kedepan.

Baca juga :  Jaringan 5G Segera Hadir Dalam 5 Tahun Akan Datang, Serius?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here