Ups Tak Hanya Spotify, Berikut Deretan Aplikasi yang Pernah Dituntut!

0
429
Copyright ©detikInet

Waduh Facebook Juga Termasuk Aplikasi yang Kena Tuntut?

Oketekno.com – Belum lama ini, Spotify dikabarkan dituntut oleh Wixen Music Publishing lantaran dituding tidak membayar lisensi musisi sesuai dengan ketentuan. Tak tanggung-tanggung, aplikasi streaming musik online itu diminta membayar S1,6 miliar atau sekitar Rp21,6 triliun.

Dan ternyata, bukan hanya Spotify saja, beberapa aplikasi terkenal pun juga pernah tersandung kasus serupa namun permasalahannya beragam. Ada yang melanggar hak cipta, hingga dituduh sebagai pendukung teroris. Nah berikut ini ada beberapa deretan Aplikasi yang Pernah Dituntut yang harus kamu ketahui.

BACA JUGA: Asik. . Jaringan 5G Akan Meluncur Tahun Ini!

1.Line

Copyright©idprice

Aplikasi ini pernah dituntut lantaran dianggap telah melanggar hak cipta terkait coference call.  Nama perusahaan yang menuntutnya adalah Uniloc. Uniloc merupakan sebuah perusahaan atau lembaga yang bergerak dalam bidang hak cipta. Rupanya Microsoft pun pernah jadi korban Unilock dan dimintaa untuk membayar denda sebesar Rp4,4 triliun.

2.Face Time

Apple pernah digugat lantaran dianggap jadi penyebab meninggalnya seorang anak berusia 5 tahun. Moriah Modisette harus meregang nyawanya setelah tertabrak truk pada malam Natal tahun 2014 silam karena pengendara keasyikan menggunakan FaceTime. Karena insiden tersebut, perusahaan asal Amerika Serikat ini kena tuntutan.

BACA JUGA: 6 Penyebab Baterai Smartphone Cepat Rusak Yang Wajib Kamu Ketahui!

3.Uber

Copyright©

Aplikasi yang Pernah Dituntut selanjutnya yaitu Uber. Kala itu pihaknya dianggap melakukan diskriminasi terhadap suatu gender dan minoritas pekerja tertentu.

Ingrid Avendano, Roxana del toro Lopez, dan Ana Medina yang merupakan karyawannya, tak tanggung menuntut perusahaan tersebut. Lantaran adanya diskriminasi tersebut, mereka mengaku kehilangan jabatan, penghasilan, hingga bonus.

4.Twitter

Twitter
Copyright©techcrunch

Orang yang menuntutnya adalah Tina Huang, merupakan mantan Software Engineer di perusahaan teknologi itu karena merasa perusahaan menolak mempromosikannya untuk maju sebagai pemimpin. Tina menganggap bahwa Twitter punya sudah pandang subjektif dan proses promosi yang mengharuskan wanita  untuk menjadi pemimpin.

5.Facebook

facebook
[email protected]

Tepatnya pada tahun 2016 silam, terjadi penemabakan yang merenggut nyawa tiga orang di sebuah klab malam kaum gay di Orlando, AS. Namun pihak FB membantah dan mengatakan bahwa tidak ada tempat bagi kelompok yang terlibat ataupun mendukung terorisme.

6.Mobile Legends

Angela, Hero Baru Mobile Legends
Copyright ©Istimewa

Kala itu pernah dituntut oleh Riot Games lantaran dianggap sudah meniru game miliknya. Bahkan Riot Games juga membeberkan apa saja yang dijiplak oleh Moonton. Namun pihak Moonton mengatakan bahwa Mobile Legend punya hak cipta yang sudah terdaftar.

Itulah deretan Aplikasi yang Pernah Dituntut, sebagian ada yang kena denda miliaran dolar namun ada juga yang tak sampai kena denda.

BACA JUGAIni Dia, 5 Tips Agar Pengisian Daya Lebih Cepat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here