Bitcoin (Uang Digital) Itu Halal Atau Haram?

0
882
Bitcoin
Copyright ©kompastekno

Bitcoin, Antara Halal dan Haram?

Oketekno.com – Uang elektronik atau Bitcoin kini tengah menjadi dipertanyakan terkait halal atau jutru haram. Para ulama di Turki, Arab Saudi dan Mesir sepakat untuk melarang penggunan uang ini sebagai alat transaksi dan perdagangan.

Para ulama tersebut beralasan mata uang kripto (crytocurrency) ini mirip dengan perjudian dan merupakan jembatan bagi pelaku kejahatan mulai dari pencucian uang hingga perdagangan narkoba. Selain itu sejumlah negara lainnya seperti Bangladesh, Bolivia dan Maroko juga mengikuti jejak dengan mengeluarkan larangan yang sama terkait penggunaan uang elektronik ini.

Akan tetapi pendapat lain justru disebutkan di dalam pernyataan sebuah pertemuan Masyarakat Ekonomi Syariag di Kazan, Rusia pada 1 November 2017 lalu. Dalam pertemuan tersebut menyebutkan jika Bitcoin bisa digunakan perbankan syariah, setidaknya dalam kurun waktu dua hingga tiga tahun kedepan.

Terkait hal ini juga diungkapakan oleh penasihat keuangan dan Ekonomi Syariah dari Dewan Mufti Rusia, Madia Kalimullina. Disebutkan jika karakteristik uang kripto atau koin dapat dikatakan halal jika memenuhi standart hukum islam.

Bitcoin
Copyright ©atozForez

‘Saat ini memang belum, namun dalam kurun waktu dua hingga tiga tahun lagi uang kripto bisa dikembangkan’ ujar Kalimullina pada 5 Januari 2017.

Dia juga menambahkan jika transaksi uang ini telah dibuka disejumlah negara muslim. Negara pertama di Timur Tengah yang membuka ialah Uni Emirat Arab dengan BitOsis. Kemudian ada lagi negara Arab Saudi, Kuwait, Qatar, Bahrain dan Oman. Sedangkan di Asia Tenggara ada negara Indonesia dengan Bitcoin.co.id dan Malaysia dengan Coinbox.

Meskipun begitu, Kalimullina mengaku alasan pernyataan dilarangnya Bitcoin digunakan sendiri yakni karena tingginya tingkat resiko (maisir) dan tidak kepastian (garar) serta kurangnya penyediaan aset rill dan jaminan negara. Maisir dan garar sendiri dilarang oleh hukum Islam serta Islam sendiri mensyaratkan mata uang untuk berwujud serta memiliki bukti.

Sementara itu Bitcoin dikenal sebagai mata uang kripto atau cryptocurrency ini semakin banyak dikenal da menrik minat orang untuk berinvestasi. Cryptocurrency merupakan bentuk uang digital yang didesain untuk memuat transksi lebih aman. Aset digital sendiri digunakan untuk pertukaran menggunakan kriptografi guna mengamankan transaksi serta mengontrol sejumlah hal yang berkaitan.

Baca juga : Tips WhatsApp Anti Lemot yang Benar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here