Terdapat Bug, Obrolan Grup Whatsapp Bisa Bocor!

0
1345
Copyright ©Arirawan

Hacker Manfaatkan Bug Whatsapp Untuk Masuk Kedalam Grup Chat

oketekno.com – Seorang peneliti di Jerman telah menemukan bug yang terdapa didalam aplikasi chating Whatsapp. Dan dengan adanya bug tersebut, maka memungkinkan seseorang bisa mengetahui obrolan yang ada didalam grup chating meskipun percakapan tersebut di enkripsi.

Kerentanan ini bisa terjadi apabila hacker mengakses server Whatsapp untuk mengakses obrolan grup. Dilaporkan oleh Wired, celah tersebut rupanya juga mempengaruhi aplikasi pesan lain seperti Signal dan juga Threema, meskipun dampaknya masih tergolong rendah.

Baca juga: Fitur Terbaru Whatsaap Mudahkan Beralih Panggilan Suara ke Video, Seperti Apa?

Untuk aplikasi milik Facebook ini, saat hacker sedang mengenalikan server mliknya, bahkan ia juga bisa memasukkan anggota baru kedalam grup. Dan jak ini bisa ia lakukan tanpa harus mendapat persetujuan dari admin grup.

Copyright ©Arirawan

Seraingan ini telah memanfaatkan bug Whatsapp, dimana pihak perusahaan memang tidak menerapkan mekanisme otentikasi untuk undangan anggota baru didalam grup. Setelah hacker ini menambahkan anggota baru, maka secara otomatis ia pun bisa mengetahui obrolan yang ada didalamnya.

Baca juga: Tips Asik Pakai Dua WhtsApp Dalam Satu Android!

Para peneliti yang telah menemukan bug ini memaparkan mengenai temuanya, yakni dalam sebuah paper mereka menyebutkan jika hacker yang memiliki akses ke dalam server, maka mereka mampu secara selektif untuk memblokir setiap pesan yang ada didalam grup, sehingga pada anggota yang belum membacanya tak mengetahui isi pesan tersebut.

Dan terkait hal tersebut, pihak Whatsspp telah mengonfirmasi temuan dari para peneliti keamanan ini. perusahaan tersebut menuturkan jiak pihak mereka menganggap resiko ini sangatlah terbatas. Hal ini dikarenakan tak ada yang secara diam-diam bergabung didalam obrolan grup, artinya anggota grup pastinya mengetahui jika ada orang yang patut dicurigai didalamnya.

“Kami telah meneliti masalah ini dengan seksama. Anggota yang exist akan diberitahu ketika orang baru ditambahkan ke grup WhatsApp. Kami membuat WhastApp agar pesan grup tidak dapat terkirim ke pengguna lain. Privasi dan keamanan pengguna sangat penting bagi kami. Itulah sebabnya kami membuat semua pesan WhatsApp bersifat end-to-end yang dienkripsi,” ucap juru bicara Whatsaap seperti dikutip dari TechCrunch.

Baca juga: Begini Tips Bikin WhatsApp Lebih Ringan Agar Memori Kembali Lega!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here